PELAKSANAAN KEGIATAN KOLASE DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL LAJOA KABUPATEN SOPPENG
Daftar Isi:
- Rosdaya. 2012. Pelaksanaan Kegiatan Kolase Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Lajoa Kabupaten Soppeng, dibimbing oleh Dra.Sri Sofiani, M.Pd dan Herman, S.Pd, M.Pd. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan kolase di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Lajoa Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan kolase di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Lajo Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis Penelitian Kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B yang berjumlah 10 orang anak dan satu orang guru di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Lajo Kabupaten Soppeng. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan empat komponen kegiatan yang terdiri dari: Pengumpulan data. Penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan kolase di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Lajoa Kabupaten Soppeng terdiri dari perencanaan. Pelaksanaan, dan evaluasi. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa pelaksanaan kegiatan kolase di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Lajoa Kabupaten Soppeng sesuai dengan langkah-langkah kegiatan kolase yaitu menyediakan bahan dan alat yang akan digunakan, memberikan penjelasan dan contoh tentang kolase, mengajarkan anak menggunting dan menempel, mengawasi anak dalam mengerjakan kolase, memberikan kesempatan kepada anak untuk mengerjakan sendiri tugas yang diberikan, dan memberikan pengarahan dan motivasi.