PERILAKU GAME ONLINE, DAMPAK DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 RANTEPAO)

Main Author: Rahmawaty
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/25325/1/Jurnal%20Rahmawaty%20%281744040013%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/25325/
Daftar Isi:
  • Permasalahan pada penelitian ini adalah seorang siswa yang terindifikasi mengalami kecanduan game online sehingga membuat tanggung jawabnya rendah dalam mengerjakan tugas. Kajian utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran perilaku game online yang dilakukan AS (2) Dampak kecanduan game online yang dilakukan AS terhadap tanggung jawabnya dalam mengerjakan tugas (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi kecanduan game online (4) Upaya penanganan perilaku kecanduan game online yang dilakukan AS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitin studi kasus klinis. Adapun pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Gambaran perilaku kecanduan game online pada subjek AS menghabiskan banyak waktu dengan bermain game online, tidak bertanggung jawab dengan tugas sekolah, cenderung tidak peduli dengan sekolah, tidak disiplin dan kurang fokus dalam pelajaran (2) Dampak kecanduan game online yang dialami oleh subjek AS mengakibatkan rendahnya tanggung jawab AS dalam mengerjakan tugas sekolah (3) Faktor-Faktor yang mempengaruhi kecanduan game online AS karena adanya pengaruh lingkungan yaitu dari teman-teman pergaulan AS sendiri yang sudah lebih dulu mengenal game online (4) Upaya yang dapat dilakukan yaitu menggunakan Teknik Token Ekonomi dimana dapat mengurangi bahkan menghentikan kecanduan game online yang dialami oleh subjek AS. Kata kunci: Perilaku Game Online, Rendahnya Tanggung jawab dan Teknik Token Ekonomi