ANALISIS PERILAKU BULLYING DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS SALAH SEORANG PELAKU BULLYING DI SMP NEGERI 4 SENDANA)
Main Author: | MUH. ARIF SYAM |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/25191/1/SKRIPSI%20MUH.%20ARIF%20SYAM.pdf http://eprints.unm.ac.id/25191/ |
Daftar Isi:
- Muh. Arif Syam, 2019, Analisis Perilaku Bullying dan Penanganannya (Studi Kasus Salah Seorang Pelaku Bullying di SMP Negeri 4 Sendana). Skripsi. Dibimbing Oleh Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd. dan Dr. H. Abdullah Pandang, M.Pd. Penelitian ini menelaah Analisis Perilaku Bullying dan Penanganannya (Studi Kasus Salah Seorang Pelaku Bullying di SMP Negeri 4 Sendana). Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perilaku bullying di SMP Negeri 4 Sendana? (2) Apa penyebab terjadinya perilaku bullying di SMP Negeri 4 Sendana? (3) Apa dampak perilaku bullying bagi pelaku? (4) Bagaimana penanganan perilaku bullying di SMPN 4 Sendana? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran perilaku bullying di SMPN 4 Sendana (2) penyebab bullying di SMPN 4 Sendana (3) dampak bullying bagi pelaku (4) penanganan yang tepat bagi perilaku bullying di SMPN 4 Sendana. Pendekatan Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek Penelitian ini adalah seorang siswa yang terlibat perilaku bullying, diketahui melalui wawancara awal dengan guru BK. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: (1) gambaran perilaku bullying di SMP Negeri 4 Sendana yaitu, bullying Verbal seperti mengejek dengan nama julukan, memanggil dengan nama orang tua dan bullying Fisik seperti Menendang dan mencubit. (2) penyebab bullying di SMP Negeri 4 Sendana berasal dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan sosial dan kecenderungan pribadi siswa (3) dampak bullying bagi pelaku bullying berdampak pada menurunnya prestasi belajar dan dijauhi oleh teman-temannya (4) penanganan terhadap perilaku bullying yang dilakukan oleh pihak sekolah berupa pemberlakuan poin pelanggaran, pemberian nasehat kepada pelaku bullying, memberi hukuman mengaji atau memungut sampah di halaman sekolah, sedangkan penanganan perilaku bullying yang dilakukan oleh peneliti dengan teknik modeling dan role play dianggap dapat mengurangi kecenderungan perilaku bullying di SMP Negeri 4 Sendana.