PENGARUH TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 2 TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO
Daftar Isi:
- Ayu Noviana A. Nur, 2018. Skripsi . Pengaruh Teknik Self talk untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Dibimbing oleh Dr. Abdul Saman, M. Si. Kons dan Dr H. Abdullah Pandang, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea Kabupaten Jeneponto yang diidentifikasikan oleh perilaku, cemas, gugup, sensitif terhadap kritikan dari orang lain dan cenderung menutup diri. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimanakah gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea? 2) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea? 3) Apakah teknik self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri di SMP Negeri 2 Tamalatea Jeneponto ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea. 2) Gambaran pelaksanaan teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea. 3) Pengaruh teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental. Desain Eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX sebanyak 25 orang siswa dan sampel penelitian sebesar 10 orang siswa yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala kepercayaan diri siswa dan pedoman observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan teknik self talk terdiri dari 4 tahap yaitu : Rational Treatmen, penerapan metode countering, penyadaran terhadap self talk negatif , mengubah self talk negatif menjadi positif dan evaluasi. Pada setiap tahapan kegiatan self talk tingkat partisipasi siswa yang berada pada kategori tinggi. 3) Teknik self talk mempengaruhi secara signifikan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea Kabupaten Jeneponto.