REKONSTRUKSI STRATEGI PEMBELAJARAN KIMIA DASAR DI JURUSAN KIMIA FMIPA UNM MAKASSAR

Main Author: Salempa, Pince
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2503/1/chemica%20volume%208%20nomor%201%20juni%202007.pdf
http://eprints.unm.ac.id/2503/2/Peer%20Review%20-%20chemica%20volume%208%20nomor%201%20juni%202007.pdf
http://eprints.unm.ac.id/2503/
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah praktis yang berkaitan dengan pembelajaran kimia, memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran-kimia serta menumbuhkan budaya meneliti para dosen di FMIPA UNM Makassar. Objek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan kimia angkatan 2003. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: strategi pembelajaran kimia yang ditempuh oleh dosen kimia dapat diikuti dengan baik oleh mahasiswa. Pengetahuan awal mahasiswa untuk mengikuti kimia dasar sangat minim. Strategi belajar mahasiswa dalam mengikuti kimia dasar masih perlu pengarahan dan bimbingan. Mahasiswa merasa sulit pada pokok bahasan energetika, elektrokimia, radiokimia, dan biokimia. Sedang untuk pokok bahasan larutan, struktur atom, struktur molekul, kima karbon dan kesetimbangan. Mudah untuk pokok bahasan koloid, system periodic dan stoikiometri.