PENERAPAN TEKNIK EMPTY CHAIR UNTUK MENGURANGIKECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELAS SISWASMA NEGERI 3 MAKASSAR
Daftar Isi:
- DEVI SUKMAWATI. 2017. Penerapan Teknik Empty Chair untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas Siswa SMA Negeri 3 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdul Saman. M.Si. Kons dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd dan Drs. Muhammad Anas, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Empty Chair untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Depan Kelas Siswa SMA Negeri 3 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 3 Makassar?,(2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik empty chair dapat mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 3 Makassar ?, (3) Untuk mengetahui apakah efektifitas penerapan teknik empty chair terhadap kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 3 Makassar?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat eksperimen terhadap 30 populasi dan 10 subjek penilitian merupakan siswa yang teridentifikasi memiliki kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 3 Makassar. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif non parametic wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 3 Makassar sebelum diterapkan teknik empty chair berada pada kategori “tinggi”, akan tetapi setelah diberikan perlakuan, kecemasan berbicara di depan kelas siswa berkurang yakni berada pada kategori “sedang”. (2) Pelaksanaan teknik empty chair dilakukan dalam konseling kelompok yang terdiri atas 4 tahap sesuai dengan skenario yaitu, tahap pertama menumbuhkan motivasi siswa, tahap kedua mengungkapkan kecemasan berbicara di depan kelas, tahap ketiga latihan under dog dan top dog, tahap keempat evaluasi. (3) Penerapan teknik empty chair dapat mengurangi secara signifikan kecemasan berbicara di depan kelas siswa SMA Negeri 3 Makassar.