Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ii Sdn 79 Parepare
Main Authors: | Zainal, Zaid, Maryam. M, St. |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Sumatera Utara
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/24631/1/artikel%20PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20EXAMPLE.pdf http://eprints.unm.ac.id/24631/3/peer%20reviewer%20artikel%20Penerapan%20model%20pembelajaran%20kooperatif%20tipe%20example%20non%20example.pdf http://eprints.unm.ac.id/24631/4/Penerapan%20model%20example-%20%5BMES%5D%20Submission%20Acknowledgement.pdf http://eprints.unm.ac.id/24631/ https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/2544 |
Daftar Isi:
- Abstrak Masalah ini menelaah Model pembelajaran kooperatif tipe example non example. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dalam meningkatkan proses belajar pada mata pelajaran matemmatika tentang satuan waktu di kelas II SD Negeri 79 Parepare. Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example pada mata pelajaran matematika tentang satuan waktu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (pendekatan kualitatif). Subjek penelitian ini yakni siswa kelas II berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 22 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis interaktif. Pada siklus I hasil tes belajar matematika siswa berada pada kategori Cukup (C). Pada siklus II hasil tes belajar matematika siswa telah berada pada kategori Baik (B). Aktifitas guru dan aktifitas siswa juga meningkat pada setiap siklusnya. Kesimpulannya yaitu penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri 79 Parepare