Daftar Isi:
  • Husnul Khatimah. R, 2015. Penerapan Teknik Desensitisasi Sistematis untuk Mereduksi Kecemasan Siswa dalam Menyampaikan Pendapat di Depan Kelas SMA Negeri 1 Pasui, Kab. Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Farida Aryani, M.Pd dan Dr. Abdullah Sinring, M.Pd : Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Desensitisasi Sistematis untuk Mereduksi Kecemasan Menyampaikan Pendapat di SMA Negeri 1 Pasui, Kab. Enrekang. Permasalahan pokok yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran kecemasan siswa menyampaikan pendapat sebelum dan sesudah diberikan teknik desensitisasi sistematis di SMA Negeri 1 Pasui Kab. Enrekang? 2. Apakah penerapan teknik desensitisasi sistematis dapat mereduksi kecemasan siswa dalam menyampaikan pendapat di SMA Negeri 1 Pasui Kab. Enrekang? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui gambaran kecemasan siswa menyampaikan pendapat sebelum dan sesudah diberikan teknik desensitisasi sistematis di SMA Negeri 1 Pasui Kab. Enrekang. 2. Mengetahui penerapan teknik desensitisasi sistematis dapat mereduksi kecemasan siswa dalam menyampaikan pendapat di SMA Negeri 1 Pasui Kab. Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Pre-eksperimental design terhadap 6 subjek penelitian yang menjadi sampel dalam penelitian ini yang merupakan siswa SMA Negeri 1 Pasui, Kab. Enrekang pada Tahun Ajaran 2014/2015. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket (kuesioner) dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan Wilcoxon Signed Ranks Test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Tingkat kecemasan menyampaikan pendapat siswa di SMAN 1 Pasui, Kab. Enrekang sebelum pemberian Teknik Desensitisasi Sistematis berada pada kategori tinggi dan mengalami penuruunan setelah diberikan teknik Desensitisasi Sistematis berdasarkan hasil posttest. 2. Teknik desensitisasi sistematis dapat mereduksi kecemasan menyampaikan pendapat siswa SMAN 1 Pasui Kab. Enrekang.