Pengaruh Layanaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Bahaya Narkoba Di SMA Negeri 1 Bontotiro
Daftar Isi:
- ADHE FITRIANTI HASANUDDIN.2015. Penerapan Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Kebiasaan Membolos Siswa di SMA Negeri 1 Bontonompo. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Sulaiman Samad, M.Si dan Dr. Abdul Saman, M.Si, Kons Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini menelaah Penerapan Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Kebiasaan Membolos Siswa di SMA Negeri 1 Bontonompo. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran Penerapan Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy mempengaruhi kebiasaan membolos siswa di SMA Negeri 1 Bontonompo?. 2. Bagaimana gambaran kebiasaan membolos siswa sebelum dan sesudah diberikan Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy di SMA Negeri 1 Bontonompo?. 3. Apakah Penerapan Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dapat mengurangi kebiasaan membolos siswa di SMA Negeri 1 Bontonompo?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-eksperimental Design terhadap 15 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Botonompo. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dapat mengurangi kebiasaan membolos dengan mengubah cara berpikir, merasa dan berperilaku klien sehingga tidak lagi mengalami kebiasaan membolos. (2) Kebiasaan membolos siswa di SMA Negeri 1 Bontonompo sebelum pemberian perlakuan berupa teknik Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy berada dalam kategori tinggi dan setelah pemberian teknik Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy mengalami penurunan atau berada pada kategori rendah. (3) Penerapan Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dapat mengurangi kebiasaan membolos siswa di SMA Negeri 1 Bontonompo.