Daftar Isi:
  • NurpatmalaPardiman.104404060.PenerapanTeknikKonselingCognitive Behavioral untukMengurangiGangguanKecemasanSosialpadaSiswa di SMK Negeri 1 TinambungKabupatenPolewaliMandar.Skripsi dibimbing oleh Drs.Kulasse Kanto, M.Pd dan Dr. SulaimanSamad, M.Si.Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang penerapan teknik konselingcognitive behavioral untuk mengurangigangguankecemasan social padasiswa di SMK Negeri 1 TinambungKabupaten PolewaliMandar. Rumusanmasalahdaripenelitianini adalah: (1) Bagaimana penerapanteknikkonselingcognitive behavioral padasiswa yang mengalamigangguankecemasan social di SMK Negeri 1 TinambungKabupatenPolewaliMandar ?(2)Bagaimana gambarangangguan kecemasan sosial yang dialami siswa SMK Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar ? (3) Apakah penerapan Teknik Konseling Cognitive Behavioral dapat mengurangi gangguan kecemasan sosial siswa di SMK Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar ?Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tentang penerapanteknikkonselingcognitive behavioral padasiswa yang mengalamigangguankecemasan social di SMK Negeri 1 TinambungKabupatenPolewaliMandar. (2) Untuk mengetahui gambarangangguan kecemasan sosial yang dialami siswa SMK Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. (3) Untuk mengetahui penerapan Teknik Konseling Cognitive Behavioral dapat mengurangi gangguan kecemasan sosial siswa di SMK Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bersifat kuantitatif dengan disain eksperimen yang diguanakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasisampel dalam penelitian ini sebanyak 19 orang. Instrumen pengukuran menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis nonparametrik, yaitu uji wilcoxon.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaanteknikkonselingcognitive behavioral dilaksanakanmelaluimetodedsystematic desensitization (2) Tingkat kecemasan social padasiswadi SMK Negeri 1 TinambungKabupatenPolewaliMandar sebelum penerapan teknik konselingcognitive behavioralberada pada kategori tinggidanmengalami penurunansesudahpenerapan teknik konselingcognitive behavioralyaitu berada pada kategori rendah (3) Penerapanteknik konselingcognitive behavioraldapat menurunkangangguankecemasansosialpadasiswa di SMK Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali Mandar.