PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN MENYONTEK SISWA DI SMK NEGERI 2 PINRANG
Daftar Isi:
- Ana Sasi Mahta Said, 2015. Penerapan Teknik Self Management dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kebiasaan Menyontek Siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Farida Aryani, S.Pd, M.Pd dan Drs. H. Muh. Anas Malik, M.Si pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok untuk mengurangi kebiasaan menyontek siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. Masalah utama dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perilaku menyontek siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok di SMK Negeri 2 Pinrang? (2) Apakah penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok dapat mengurangi kebiasaan menyontek siswa di SMK Negeri 2 Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran perilaku menyontek siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok di SMK Negeri 2 Pinrang. (2) Untuk mengetahui penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok dapat mengurangi kebiasaan menyontek siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre-experimental design. Disain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 23 orang, dan jumlah sampel sebanyak 15 orang. Instrumen pengukuran menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis nonparametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat menyontek siswa di SMK Negeri 2 Pinrang sebelum penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok berada pada kategori tinggi dan mengalami penurunan sesudah penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok yaitu berada pada kategori rendah. (2) Penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok dapat mengurangi kebiasaan menyontek siswa SMK Negeri 2 Pinrang.