ctrlnum 24428
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/24428/</relation><title>PKM Deklarasi Anti Bullying bagi Siswa SMP</title><creator>Aryani, Farida</creator><creator>Sinring, Abdullah</creator><subject>ILMU PENDIDIKAN</subject><subject>KARYA ILMIAH DOSEN</subject><description>Abstract&#xD; Bullying menjadi salah satu bentuk kekerasan dan agresif siswa di sekolah. Bullying itu sendiri terjadi ketika seorang berusaha untuk menyakiti secara psikologis ataupun fisik terhadap seseorang/sekelompok orang yang lebih &#x201C;lemah&#x201D;, oleh seseorang/ sekelompok orang yang lebih &#x201C;kuat&#x201D;. Hubungan sebaya memiliki peranan yang kuat dalam kehidupan siswa. Fokus dari hubungan sebaya adalah bagaimana seseorang dapat diterima dalam suatu pertemanan dengan teman yang memiliki kesamaan dalam usia, latar belakang ataupun nasib. Membentuk kelompok sebaya dengan peran sebagai ambassador anti bullying menjadi salah satu alternative untuk menciptakan lingkungan sekolah yang positif, mengajak siswa untuk tegas melaporkan perilaku bullying yang terjadi, membiasakan untuk melakukan perilaku positif dan melakukan deklarasi anti bullying serta menjadikan program anti bullying terintegrasi dengan OSIS. Seluruh tujuan, target dan metode ini dirancang dalam skenario yang terukur, dimulai dari analisis kondisi masyarakat mitra, merancang program anti bullying dengan melibatkan siswa-sisw SMP yang diselenggarakan dalam waktu 3 bulan, sehingga membentuk lingkungan yang positif dan menghasilkan program bagi OSIS. Hasil kegiatan PKM yaitu 1) Meningkatnya kesadaran siswa terhadap peran teman sebaya sehingga terbentuknya Komunitas Ambassador Anti Bullying dari Siswa. 2) Terbentunya program Anti Bullying yang terintegrasi ke dalam program OSIS SMP Negeri 1 Polongbangkeng Utara, dan 3) Melakukan deklarasi Anti Bullying.</description><publisher>STKIP Andi Matappa</publisher><date>2020</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/24428/1/Artikel%20PKM%20Deklarasi%20Anti%20Bullying%20bagi%20Siswa%20SMP%20Polongbangkeng%20Takalar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/24428/3/13.%20PKM%20Deklarasi%20Anti%20Bullying%20bagi%20Siswa%20SMP%20Polongbangkeng%20Takalar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/24428/4/peer%20reviewer%20PKM%20deklarasi%20anti%20bullying%20bagi%20siswa%20SMP%20polongbangkeng%20Takalar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/24428/5/peer%20reviewer%20PKM%20Deklarasi%20Anti%20Bullying%20bagi%20Siswa%20SMP%20Polongbangkeng%20Takalar.pdf</identifier><identifier> Aryani, Farida and Sinring, Abdullah (2020) PKM Deklarasi Anti Bullying bagi Siswa SMP. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (1). pp. 1-6. ISSN 2614-6673 </identifier><relation>https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/matappa/article/view/474</relation><recordID>24428</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Aryani, Farida
Sinring, Abdullah
title PKM Deklarasi Anti Bullying bagi Siswa SMP
publisher STKIP Andi Matappa
publishDate 2020
topic ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
url http://eprints.unm.ac.id/24428/1/Artikel%20PKM%20Deklarasi%20Anti%20Bullying%20bagi%20Siswa%20SMP%20Polongbangkeng%20Takalar.pdf
http://eprints.unm.ac.id/24428/3/13.%20PKM%20Deklarasi%20Anti%20Bullying%20bagi%20Siswa%20SMP%20Polongbangkeng%20Takalar.pdf
http://eprints.unm.ac.id/24428/4/peer%20reviewer%20PKM%20deklarasi%20anti%20bullying%20bagi%20siswa%20SMP%20polongbangkeng%20Takalar.pdf
http://eprints.unm.ac.id/24428/5/peer%20reviewer%20PKM%20Deklarasi%20Anti%20Bullying%20bagi%20Siswa%20SMP%20Polongbangkeng%20Takalar.pdf
http://eprints.unm.ac.id/24428/
https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/matappa/article/view/474
contents Abstract Bullying menjadi salah satu bentuk kekerasan dan agresif siswa di sekolah. Bullying itu sendiri terjadi ketika seorang berusaha untuk menyakiti secara psikologis ataupun fisik terhadap seseorang/sekelompok orang yang lebih “lemah”, oleh seseorang/ sekelompok orang yang lebih “kuat”. Hubungan sebaya memiliki peranan yang kuat dalam kehidupan siswa. Fokus dari hubungan sebaya adalah bagaimana seseorang dapat diterima dalam suatu pertemanan dengan teman yang memiliki kesamaan dalam usia, latar belakang ataupun nasib. Membentuk kelompok sebaya dengan peran sebagai ambassador anti bullying menjadi salah satu alternative untuk menciptakan lingkungan sekolah yang positif, mengajak siswa untuk tegas melaporkan perilaku bullying yang terjadi, membiasakan untuk melakukan perilaku positif dan melakukan deklarasi anti bullying serta menjadikan program anti bullying terintegrasi dengan OSIS. Seluruh tujuan, target dan metode ini dirancang dalam skenario yang terukur, dimulai dari analisis kondisi masyarakat mitra, merancang program anti bullying dengan melibatkan siswa-sisw SMP yang diselenggarakan dalam waktu 3 bulan, sehingga membentuk lingkungan yang positif dan menghasilkan program bagi OSIS. Hasil kegiatan PKM yaitu 1) Meningkatnya kesadaran siswa terhadap peran teman sebaya sehingga terbentuknya Komunitas Ambassador Anti Bullying dari Siswa. 2) Terbentunya program Anti Bullying yang terintegrasi ke dalam program OSIS SMP Negeri 1 Polongbangkeng Utara, dan 3) Melakukan deklarasi Anti Bullying.
id IOS3399.24428
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:17:47Z
last_indexed 2023-03-04T19:17:47Z
recordtype dc
_version_ 1764483863907663872
score 17.538404