Model Pembelajaran Biologi Konstruktivistik Berbasis TIK (MPBK Berbasis TIK) Untuk Siswa SMP
Main Author: | Adnan, Adnan |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/24314/1/17.%20Model%20Pembelajaran%20Biologi%20Konstruktivistik%20Berbasis%20TIK%20%28MPBK%20Berbasis%20TIK%29%20untuk%20Siswa%20SMP.pdf http://eprints.unm.ac.id/24314/2/17.%20Hasil%20Peer%20Review%20Model%20Pembelajaran%20Biologi%20Konstruktivistik%20Berbasis%20TIK%20%28MPBK%20Berbasis%20TIK%29%20untuk.pdf http://eprints.unm.ac.id/24314/ https://ojs.unm.ac.id/JEST/article/view/1132 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran biologi kons-truktivistik berbasis TIK (MPBK berbasis TIK) untuk siswa SMP yang valid. Permasalahan yang diajukan adalah“ Apakah model MPBK berbasis TIK yang dikembangkan valid ditinjau dari landasan teori dan komponen penyusunnya. Subyek riset adalah siswa SMP Negeri 6 Makassar, Indonesia. Prosedur pengembangan MPBK berbasis TIK dilaksanakan dengan merujuk pada model pengembangan Plomp (1997) yang terdiri atas lima tahap, yaitu: (1) investigasi awal, (2) perancangan, (3) realisasi/konstruksi, (4) pengujian, evaluasi dan revisi, dan (5) implementasi. Produk penelitian adalah MPBK berbasis TIK. Komponen model yang dikembangkan merujuk pada Joyce, et al. (1992). Cirikhas model yang dikembangkan merujukpada Arend (2012), dan criteria kualitas produk merujuk pada Nieeven (2007). Analisis data kevalidan merujuk pada Nurdin (2007) dan Hobri (2009). Persentase reliabilitas instrumen digunakan konsep percentage of agreements oleh Grinnell (1988) dalam Hobri (2009). Hasil penelitian menunjukkan bahwa MPBK berbasis TIK yang dikembangkan bersifat valid ditinjau dari teori pendukung dan komponen penyusun model.