REWARD DAN PUNISHMANT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS XII DI SMA NEGERI 2 MAJENE

Main Author: SUPRIADI, ADELIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/24274/1/Artikel%20Adelia%20Supriadi%20FIX%20-%20Adelia%20Supriadi.pdf
http://eprints.unm.ac.id/24274/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas XII di SMA Negeri 2 Majene. 2) mengetahui pengaruh pemberian punishment terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Seni Budaya kelas XII di SMA Negeri 2 Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis data. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran seni budaya di di SMA Negeri 2 Majene. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa (1)pengaruh pemberian reward dengan menggunakan metode ini dapat memacu siswa untuk berkompetisi secara positif yang membuat siswa semangat untuk belajar dan siswa juga memahami materi sehingga hasil belajar siswa meningkat dari sebelumnya.(2)Punismant, dimana pemberian punishment seperti punishment dalam bentuk tindakan langsung akan menyebabkan siswa lebih serius dalam belajar sehingga hasil belajarnya semakin baik. Artinya, jika punishment meningkat maka hasil belajar yang diperoleh juga akan semakin baik. dalam proses pembelajaran seni budaya berdampak positif dimana siswa lebih antusias dan aktif mengikuti pembelajaran dengan adanya pemberian reward dan punishment karena dengan adanya hukuman membuat siswa untuk berpikir untuk melakukan kesalahan. Kata Kunci : Pengaruh, Reward, dan Punishment