Daftar Isi:
  • Misnawati, 2013. Penerapan Teknik Reframing untuk Mengurangi Rasa Rendah Diri Siswa di SMA Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Nurbaya Kaco, M.Si dan Drs. H.Muhammad Ibrahim, M.Si, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Reframing untuk Mengurangi Rasa Rendah Diri Siswa di SMA Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang . Masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran rasa rendah diri siswa sebelum dan setelah diterapkan teknik reframing di SMA Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang, (2) Apakah penerapan teknik reframing dapat mengurangi rasa rendah diri siswa di SMA Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang . Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran rasa rendah diri siswa sebelum dan setelah diterapkan teknik reframing di SMA Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang, (2) Untuk mengetahui apakah penerapan teknik reframing dapat mengurangi rasa rendah diri siswa di SMA Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekaan kuantitatif dengan model Pre-Experimental Design. Desain Eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas X tahun ajaran 2012/2013, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non parametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rasa rendah diri siswa di SMA Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang sebelum diterapkan perlakuan teknik reframing berada pada kategori “tinggi” dan setelah diterapkan perlakuan dengan teknik reframing berkurang atau berada pada kategori “sedang”, (2) Penerapan teknik reframing dapat mengurangi rasa rendah diri siswa di SMA Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang.