PENERAPAN TEKNIK REGULASI DIRI DALAM BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MENGHADAPI UJIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMA NEGERI 1 POLUT KABUPATEN TAKALAR

Main Author: Hijriyanti S.
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/24167/1/1.%20JUDUL%20S%20K%20R%20I%20P%20S%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/2/2.%20SAMPUL.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/3/3.%20PERSETUJUAN%20PEMBIMBING.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/4/4.%20SURAT%20PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/5/5.%20Motto.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/6/6.%20ABSTRAK.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/8/7.%20PRAKATA.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/9/8.%20DAFTAR%20ISI.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/10/9.%20DAFTAR%20GAMBAR.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/11/10.%20DAFTAR%20TABEL.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/12/11.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/13/BAB%20I%20baik.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/14/BAB%20II%20oneng.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/15/BAB%20III%20oneng.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/17/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/18/LAMPIRAN%2015%20OBSERVASI%20%201%20.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/19/LAMPIRAN%208%20BAHAN%20INFORMASI%202.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/20/LAMPIRAN%2023%20FOTO%20POSTTEST.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/16/RIWAYAT%20HIDUPKU.docx
http://eprints.unm.ac.id/24167/
Daftar Isi:
  • Hijriyanti S. Skripsi. 2012. Penerapan Teknik Regulasi Diri Dalam Belajar Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Mengikuti Ujian Pada Mata Pelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar. Dibimbing oleh Drs. H. Muh.Ibrahim, M.Si. dan Drs. H. Kulasse Kanto Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik regulasi diri dalam belajar untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa mengikuti ujian pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar. Masalah penelitian ini adalah: (1) 1. Bagaimana tingkat kepercayaan diri siswa mengikuti ujian pada mata pelajaran matematika pada kelas X sebelum dan sesudah diberikan teknik regulasi diri siswa di kelas X di SMA Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar, dan (2) Apakah ada pengaruh penggunaan teknik regulasi diri dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa mengikuti ujian pada mata pelajaran matematika pada kelas X di SMA Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk memperoleh tingkat kepercayaan diri siswa mengikuti ujian pada mata pelajaran matematika sebelum dan sesudah diberikan teknik regulasi diri di SMA Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik regulasi diri dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa mengikuti ujian pada mata pelajaran matematika pada kelas X di SMA Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen terhadap 30 subjek penelitian yang merupakan siswa yang teridentifikasi kepercayaan diri rendah dalam mengikuti ujian pada mata pelajaran matematika pada kelas X tahun ajaran 2011/ 2012 di SMA Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket penelitian. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepercayaan diri siswa mengikuti ujian pada mata pelajaran matematika pada kelas X di SMA Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar sebelum diberi teknik teknik regulasi diri dalam belajar berada pada kategori rendah, namun setelah diberikan teknik teknik regulasi diri dalam belajar mengalami peningkatan kepercayaan diri, dan (2) terdapat pengaruh penerapan teknik regulasi diri terhadap tingkat kepercayaan diri siswa kelas X di SMA Negeri 1 Polut Kabupaten Takalar sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Artinya, bila teknik regulasi diri dalam belajar diterapkan maka akan membantu siswa dalam meningkatkan kepercayaan dirinya dalam mengikuti ujian pada mata pelajaran matematika.