PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING DI MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Main Author: | RABIATUL ADABIA |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/24123/1/penyebaran%20RABIATUL%20ADABIA%201741042018%20SKRIPSI%20FIX.pdf http://eprints.unm.ac.id/24123/2/RABIATUL%20ADABIA%201741042018%20ARTIKEL.doc http://eprints.unm.ac.id/24123/ |
Daftar Isi:
- Rabiatul Adabia. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Micro Teaching Di Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Dosen Pembimbing: Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si dan Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si. Penelitian ini menelaah pengembangan bahan ajar berbasis digital pada mata kuliah micro teaching di mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang ditemukan dilapangan (1) Bagaimana Tingkat Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Digital pada mata kuliah Micro Teaching di Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar?,(2) Bagaimana desain Bahan Ajar Berbasis Digital pada mata kuliah Micro Teaching di Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar?, (3) bagaimana tingkat validitas dan kepraktisan Bahan Ajar Berbasis Digital pada mata kuliah Micro Teaching di Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar?,tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan, mendesain dan mengukur tingkat validitas Bahan Ajar Berbasis Digital pada mata kuliah Micro Teaching di Mahasiswa Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.Model yang digunakan dalam pengembangan yang digunakan oleh peneliti yaitu model yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip dalam mawarni dan Muhtadi (2017), dengan 3 tahapan pengembangan :tahap perencanaan,tujuannya untuk mendefinisikan ruang lingkup,identifikasi karakteristik mahasiswa, membuat pedoman produk dan mengumpulkan sumber, (2) tahap desain mengembangkan gagasan ide, analisis tugas dan konsep dan pembuatan deskripsi awal produk, dan (3)tahap pengembangan, pembuatan produk dan tes dan revisi. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang dari validator materi dan validator media, mahasiswa teknologi pendidikan yang berjumlah 20 orang, dan 1 orang dosen pengampu. Hasil dari validasi materi berada pada kualifikasi sangat baik dan hasil dari validasi media berada pada baik pula. Uji coba kepraktisan dilakukan terhadap dua sasaran pengguna, yaitu respon mahasiswa dan dosen mata kuliah pengampu berada pada kualifikasi baik. Berdasarkan analisis tersebut terdapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis digital dengan produk buku digital valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah micro teaching. Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Micro Teaching.