ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP ISLAM TERPADU WAHDAH ISLAMIYAH MAKASSAR

Main Author: HERIADI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/24073/1/Artikel%20Heriadi_1641041013.pdf
http://eprints.unm.ac.id/24073/2/SKRIPSI-HERIADI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/24073/
Daftar Isi:
  • Heriadi. 2020. Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Skripsi. Prodi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dosen Pembimbing: Dr. H. Abd. Haling, M.Pd. dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si.) Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana gambaran kompetensi guru dan pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA di SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi guru tentang penilaian autentik kurikulum 2013 dan pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA di SMP Islam Terpadu Islamiyah Makassar. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif sederhana model miles and hubermann. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar kelas VIII A1, semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menganalisis proses penilaian autentik pada pembelajaran IPA di SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA kelas VIII A1, siswa kelas VIII A1, dan kegiatan pembelajaran. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru mengenai penilaian autentik adalah sebagai penilaian menyeluruh mulai dari segala aspek yang akan dinilai dari aspek sikap religius, sikap sosial, aspek pengetahuan, maupun aspek keterampilan yang dilakukan secara kontinyu atau berkelanjutan. Pelaksanaan penilaian autentik berdasarkan penilaian kompetensi pengetahuan dalam mata pelajaran IPA dilaksanakan melalui Teknik tertulis, tes lisan, dan penugasan. Pelaksanaan penilaian autentik berdasarkan penilaian kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui teknik penilaian unjuk kerja/kinerja, penilaian projek, penilaian produk, dan penilaian portofolio. Adapun penilaian autentik berdasarkan kompetensi sikap dilaksanakan melalui teknik observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan penilaian jurnal. Kata Kunci: Kurikulum 2013, Penilaian Autentik, Ilmu Pengetahuan Alam