PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMPNEGERI 3 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

Main Author: ALVINA NURULITA
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/24020/1/22411-55845-3-PB.pdf
http://eprints.unm.ac.id/24020/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran daring 2) kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring selama pelaksanaan pembelajaran daring 3) Penghambat pelaksanaan pembelajaran daring di masa COVID-19 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan teknik deskriktif-analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring adalah sebuah proses pelaksanaan pembelajaran siswa diwajibkan belajar sendiri di rumah masing-masing. Kekurangan dan kelebihan pembelajaran daring adalah mudah karena guru dapat memberikan tugas dan siswa mengirim tugas lebih mudah bisa karena dikirim melalui WhatsApp, kekurangannya yaitu kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Penghambatnya adalah kurang efektifnya pembelajaran karena kurangnya pengawasan dari orang tua dan siswa mengalami kejenuhan pada saat proses pembelajaran daring. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, COVID-19, Indonesia