KURIKULUM PROGRAM FULL DAY SCHOOL SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR DISAAT PANDEMI COVID-19
Main Author: | FITRIYANTI |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/23984/2/ARTIKEL%20FITRIYANTI.pdf http://eprints.unm.ac.id/23984/1/%5BSKRIPSI%5D%20FITRIYANTI%201641040018.pdf http://eprints.unm.ac.id/23984/ |
ctrlnum |
23984 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/23984/</relation><title>KURIKULUM PROGRAM FULL DAY SCHOOL SMA MUHAMMADIYAH 1
UNISMUH MAKASSAR DISAAT PANDEMI COVID-19</title><creator>FITRIYANTI</creator><subject>TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)</subject><description>Fitriyanti. 2020. Kurikulum Program Full Day School SMA Muhammadiyah 1
UNISMUH Makassar Disaat Pandemi COVID-19. Skripsi. Prodi Teknolo gi
Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dosen
Pembimbing: Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si dan Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si)
Fokus dalam penelitian ini adalah implementasi program full day school di SMA
Muhammadiyah 1 UNISMUH ditinjau dari Standar Proses. Tujuan penelitian untuk
mengetahui implementasi program full day school disaat pandemi COVID-19 dan
Standar Proses apakah sudah sesuai ataupun sebaliknya. Penelitian ini merupakan
Penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA
Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar pada semester ganjil tahun ajaran
2020/2021. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Metode analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa program full day school SMA
Muhammadiyah 1 UNISMUH tetap mengacu pada kurikulum nasional yang selama
ini dilaksanakan oleh satuan pendidikan dan melakukan adaptasi kurikulum secara
mandiri sehingga langkah untuk mencapai tujuan dari program full day school dapat
dilaksanakan dengan baik meskipun pada masa Pandemi COVID-19. Kurikulum
SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar memadukan kurikulum terpadu yang
diperkaya dengan sistem pendekatan islami melalui pengintegrasian antara aspek
kognitif, afektif, psikomotorik dan pendidikan agama. Nilai inti yang ditekankan
dalam implementasi full day school adalah nilai religius. Jadi semua kegiatan
kurikuler, intrakurikuler, dan ekstrakurikuler dikaitkan dengan nilai keagamaan dan
kemuhammadiyahan. Kurikulum program full day school SMA Muhammadiyah 1
UNISMUH Makassar disaat Pandemi COVID-19 terimplementasi dengan kategori
baik. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan indikator pencapaian kurikulum nasional
dan kurikulum darurat pada masa Pandemi COVID-19 sesuai dengan Permendikbud
Nomor 719 Tahun 2020, serta pemenuhan Standar proses mulai dari perencanaan
proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian dan pengawasan
proses pembelajaran sesuai dengan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013.
Kata Kunci: Kurikulum, Full day school, Standar Proses.</description><date>2022-07-21</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23984/2/ARTIKEL%20FITRIYANTI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23984/1/%5BSKRIPSI%5D%20FITRIYANTI%201641040018.pdf</identifier><identifier> FITRIYANTI (2022) KURIKULUM PROGRAM FULL DAY SCHOOL SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR DISAAT PANDEMI COVID-19. </identifier><recordID>23984</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
FITRIYANTI |
title |
KURIKULUM PROGRAM FULL DAY SCHOOL SMA MUHAMMADIYAH 1
UNISMUH MAKASSAR DISAAT PANDEMI COVID-19 |
publishDate |
2022 |
isbn |
201641040018 |
topic |
TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/23984/2/ARTIKEL%20FITRIYANTI.pdf http://eprints.unm.ac.id/23984/1/%5BSKRIPSI%5D%20FITRIYANTI%201641040018.pdf http://eprints.unm.ac.id/23984/ |
contents |
Fitriyanti. 2020. Kurikulum Program Full Day School SMA Muhammadiyah 1
UNISMUH Makassar Disaat Pandemi COVID-19. Skripsi. Prodi Teknolo gi
Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dosen
Pembimbing: Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si dan Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si)
Fokus dalam penelitian ini adalah implementasi program full day school di SMA
Muhammadiyah 1 UNISMUH ditinjau dari Standar Proses. Tujuan penelitian untuk
mengetahui implementasi program full day school disaat pandemi COVID-19 dan
Standar Proses apakah sudah sesuai ataupun sebaliknya. Penelitian ini merupakan
Penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA
Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar pada semester ganjil tahun ajaran
2020/2021. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Metode analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa program full day school SMA
Muhammadiyah 1 UNISMUH tetap mengacu pada kurikulum nasional yang selama
ini dilaksanakan oleh satuan pendidikan dan melakukan adaptasi kurikulum secara
mandiri sehingga langkah untuk mencapai tujuan dari program full day school dapat
dilaksanakan dengan baik meskipun pada masa Pandemi COVID-19. Kurikulum
SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar memadukan kurikulum terpadu yang
diperkaya dengan sistem pendekatan islami melalui pengintegrasian antara aspek
kognitif, afektif, psikomotorik dan pendidikan agama. Nilai inti yang ditekankan
dalam implementasi full day school adalah nilai religius. Jadi semua kegiatan
kurikuler, intrakurikuler, dan ekstrakurikuler dikaitkan dengan nilai keagamaan dan
kemuhammadiyahan. Kurikulum program full day school SMA Muhammadiyah 1
UNISMUH Makassar disaat Pandemi COVID-19 terimplementasi dengan kategori
baik. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan indikator pencapaian kurikulum nasional
dan kurikulum darurat pada masa Pandemi COVID-19 sesuai dengan Permendikbud
Nomor 719 Tahun 2020, serta pemenuhan Standar proses mulai dari perencanaan
proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian dan pengawasan
proses pembelajaran sesuai dengan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013.
Kata Kunci: Kurikulum, Full day school, Standar Proses. |
id |
IOS3399.23984 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:17:41Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:17:41Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483862126133248 |
score |
17.538404 |