KURIKULUM PROGRAM FULL DAY SCHOOL SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR DISAAT PANDEMI COVID-19

Main Author: FITRIYANTI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23984/2/ARTIKEL%20FITRIYANTI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23984/1/%5BSKRIPSI%5D%20FITRIYANTI%201641040018.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23984/
ctrlnum 23984
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/23984/</relation><title>KURIKULUM PROGRAM FULL DAY SCHOOL SMA MUHAMMADIYAH 1&#xD; UNISMUH MAKASSAR DISAAT PANDEMI COVID-19</title><creator>FITRIYANTI</creator><subject>TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)</subject><description>Fitriyanti. 2020. Kurikulum Program Full Day School SMA Muhammadiyah 1&#xD; UNISMUH Makassar Disaat Pandemi COVID-19. Skripsi. Prodi Teknolo gi&#xD; Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dosen&#xD; Pembimbing: Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si dan Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si)&#xD; Fokus dalam penelitian ini adalah implementasi program full day school di SMA&#xD; Muhammadiyah 1 UNISMUH ditinjau dari Standar Proses. Tujuan penelitian untuk&#xD; mengetahui implementasi program full day school disaat pandemi COVID-19 dan&#xD; Standar Proses apakah sudah sesuai ataupun sebaliknya. Penelitian ini merupakan&#xD; Penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA&#xD; Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar pada semester ganjil tahun ajaran&#xD; 2020/2021. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan&#xD; dokumentasi. Metode analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan&#xD; verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa program full day school SMA&#xD; Muhammadiyah 1 UNISMUH tetap mengacu pada kurikulum nasional yang selama&#xD; ini dilaksanakan oleh satuan pendidikan dan melakukan adaptasi kurikulum secara&#xD; mandiri sehingga langkah untuk mencapai tujuan dari program full day school dapat&#xD; dilaksanakan dengan baik meskipun pada masa Pandemi COVID-19. Kurikulum&#xD; SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar memadukan kurikulum terpadu yang&#xD; diperkaya dengan sistem pendekatan islami melalui pengintegrasian antara aspek&#xD; kognitif, afektif, psikomotorik dan pendidikan agama. Nilai inti yang ditekankan&#xD; dalam implementasi full day school adalah nilai religius. Jadi semua kegiatan&#xD; kurikuler, intrakurikuler, dan ekstrakurikuler dikaitkan dengan nilai keagamaan dan&#xD; kemuhammadiyahan. Kurikulum program full day school SMA Muhammadiyah 1&#xD; UNISMUH Makassar disaat Pandemi COVID-19 terimplementasi dengan kategori&#xD; baik. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan indikator pencapaian kurikulum nasional&#xD; dan kurikulum darurat pada masa Pandemi COVID-19 sesuai dengan Permendikbud&#xD; Nomor 719 Tahun 2020, serta pemenuhan Standar proses mulai dari perencanaan&#xD; proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian dan pengawasan&#xD; proses pembelajaran sesuai dengan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013.&#xD; Kata Kunci: Kurikulum, Full day school, Standar Proses.</description><date>2022-07-21</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23984/2/ARTIKEL%20FITRIYANTI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23984/1/%5BSKRIPSI%5D%20FITRIYANTI%201641040018.pdf</identifier><identifier> FITRIYANTI (2022) KURIKULUM PROGRAM FULL DAY SCHOOL SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR DISAAT PANDEMI COVID-19. </identifier><recordID>23984</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author FITRIYANTI
title KURIKULUM PROGRAM FULL DAY SCHOOL SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR DISAAT PANDEMI COVID-19
publishDate 2022
isbn 201641040018
topic TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/23984/2/ARTIKEL%20FITRIYANTI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23984/1/%5BSKRIPSI%5D%20FITRIYANTI%201641040018.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23984/
contents Fitriyanti. 2020. Kurikulum Program Full Day School SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar Disaat Pandemi COVID-19. Skripsi. Prodi Teknolo gi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dosen Pembimbing: Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si dan Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si) Fokus dalam penelitian ini adalah implementasi program full day school di SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH ditinjau dari Standar Proses. Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi program full day school disaat pandemi COVID-19 dan Standar Proses apakah sudah sesuai ataupun sebaliknya. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa program full day school SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH tetap mengacu pada kurikulum nasional yang selama ini dilaksanakan oleh satuan pendidikan dan melakukan adaptasi kurikulum secara mandiri sehingga langkah untuk mencapai tujuan dari program full day school dapat dilaksanakan dengan baik meskipun pada masa Pandemi COVID-19. Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar memadukan kurikulum terpadu yang diperkaya dengan sistem pendekatan islami melalui pengintegrasian antara aspek kognitif, afektif, psikomotorik dan pendidikan agama. Nilai inti yang ditekankan dalam implementasi full day school adalah nilai religius. Jadi semua kegiatan kurikuler, intrakurikuler, dan ekstrakurikuler dikaitkan dengan nilai keagamaan dan kemuhammadiyahan. Kurikulum program full day school SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar disaat Pandemi COVID-19 terimplementasi dengan kategori baik. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan indikator pencapaian kurikulum nasional dan kurikulum darurat pada masa Pandemi COVID-19 sesuai dengan Permendikbud Nomor 719 Tahun 2020, serta pemenuhan Standar proses mulai dari perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian dan pengawasan proses pembelajaran sesuai dengan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013. Kata Kunci: Kurikulum, Full day school, Standar Proses.
id IOS3399.23984
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:17:41Z
last_indexed 2023-03-04T19:17:41Z
recordtype dc
_version_ 1764483862126133248
score 17.538404