PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA DAERAH MAKASSAR KELAS VII SMP NEGERI 5 PALLANGGA

Main Author: NUR INDAH SARI
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23956/1/Nur%20Indah%20Sari%201541040001.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23956/
Daftar Isi:
  • NUR INDAH SARI, 2019, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah Makassar Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H. S.Pd, M.Si dan Dr. Abdul Hakim, S.Pd, M.Si.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu sulitnya siswa memahami materi pelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah Makassar karena kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana mengembangkan media pembelajaran interaktif yang valid dan praktis?”. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran interaktif yang valid dan praktis yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif. Model pengembangan yang digunakan yaitu model yang dikembangkan oleh Borg and Gall (Arifin, 2014) yang kemudian diadaptasi oleh peneliti, model Borg and Gall ini sesuai dengan tahapan penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti dan terdiri dari tahapan yang relatif sederhana. Model ini cocok digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif sebab model ini memiliki langkah-langkah yang terperinci. Adapun tahapan-tahapan dalam pengembangan ini meliputi: tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk dan tahap validasi dan uji coba. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli desain dan media pembelajaran, ahli isi atau materi media pembelajaran, siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Pallangga dan guru Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah Makassr. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Berdasarkan analisis hasil evaluasi dari ahli desain dan media, ahli isi/materi tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif valid digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah Makassar. Hasil dari uji coba terbatas, hasil uji coba luas, dan hasil tanggapan guru Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah Makassar, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan ini praktis digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Daerah Makassar.