PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IX MTS MUHAMMADIYAH KALOSI KABUPATEN ENREKANG
Daftar Isi:
- Herawan Hisanan. 2017. Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX MTs Muhammadiyah Kalosi Kabupaten Enrekang. Dibimbing oleh Dr. Abdul Hakim, S.Pd, M.Si. dan Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian Apakah ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX di MTs Muhammadiyah Kalosi Kabupaten Enrekang? Tujuan Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Fiqih Kelas IX di MTs Muhammadiyah Kalosi Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen. Populasi penelitian ini siswa Kelas IX MTs Muhammadiyah Kalosi Kabupaten Enrekang tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 50 orang yang terdiri atas 26 perempuan dan 24 laki-laki. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan sampel jenuh, yaitu dengan mengambil semua anggota populasi sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan setelah menggunakan media video pembelajaran. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih kelas IX MTs Muhammadiyah Kalosi Kabupaten Enrekang.