Daftar Isi:
  • Muhammad Ilyas (2018). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMP Negeri 21 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Bapak Dr. H. Abd. Haling, M.Pd dan juga Ibu Drs. Arnidah, S.Pd., M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengetahui tingkat validitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMP Negeri 21 Makassar. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMP Negeri 21 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa RPP pada Mata Pelajaran Bahasa indonesia dengan pokok pembahasan Puisi Rakyat. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Thiagarajan dan Semmel (1974).. Subjek penelitian ini adalah guru SMP Negeri 21 Makassar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan validasi ahli dan respon tanggapan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, dan analisis tanggapan guru terhadap RPP. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa hasil evaluasi ahli isi/materi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menunjukkan bahwa isi/materi memenuhi kriteria kevalidan dan berada dalam kategori sangat valid. Hasil evaluasi ahli bahasa menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tersebut telah memenuhi kriteria kevalidan dan berada dalam kategori sangat valid. Dan hasil dari tanggapan guru mata pelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai alternatif perangkat pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 21 Makassar.