Daftar Isi:
  • Husriadi, 2018, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Audio-Visual (Video) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 11 Pangkep. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdul Haling, M.Pd dan juga Dr. Abdul Hakim, M.Si. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tahap identifikasi kebutuhan dan desain bahan ajar berbasis audio-visual (video), serta bagaimana tingkat validitas dan kepraktisan bahan ajar berbasis audio-visual (video) pada mata pelajaran Sejarah kelas X di SMA Negeri 11 Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis audio-visual (video) pada mata pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 11 Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis audio-visual (video) pada mata pelajaran Sejarah dengan pokok pembahasan proses islamisasi di Indonesia. Model rancangan yang digunakan diadaptasi dari Model Pengembangan Thiagarajan yaitu 4D (Four D). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 11 Pangkep yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 302 peserta didik. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X Phytagoras dengan jumlah peserta didik 28 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis statistik deskriptif. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa hasil evaluasi oleh ahli media dan desain pembelajaran menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis audio-visual (video) berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi oleh ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa isi/materi bahan ajar berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik, hasil uji Kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik dan hasil dari tanggapan guru mata pelajaran berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis audio-visual (video) yang dikembangkan ini valid dan praktis, serta layak untuk digunakan sebagai alternatif bahan ajar pada mata pelajaran Sejarah kelas X SMA Negeri 11 Pangkep.