PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X JURUSAN II SMA.MUHAMMADIYAH PANAIKANGKABUPATEN BANTAENG
Daftar Isi:
- Haeruddin. 2019. Pengembangan Program Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X Jurusan IIS MA. Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Abdul Haling, M. Pd. dan Dr. Abdul Hakim, S. Pd., M. Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan Program Pembelajaran Berbasis E-Learning dengan menggunakan Moodle pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X Jurusan IIS MA. Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng?, apakah program pembelajaran berbasis E-Learning yang dikembangkan valid pada mata pelajaran Sosiologi Kelas X Jurusan IIS MA. Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng? Dan apakah program pembelajaran berbasis E-Learning yang dikembangkan untuk mata pelajaran Sosiologi Kelas X Jurusan IIS MA. Muhammadiyah Panaikang praktis?. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah program pembelajaran berbasis E-Learning menggunakan Moodle pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X Jurusan IIS MA. Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng, mengembangkan program pembelajaran berbasis E-Learning yang valid pada mata pelajaran Sosiologi Kelas X Jurusan IIS MA. Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng dan mengembangkan program pembelajaran berbasis E-Learning yang praktis pada mata pelajaran Sosiologi Kelas X Jurusan IIS MA. Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng. Dengan ciri yaitu terdapat materi berupa teks, Powerpoint, Video, Forum Diskusi, Chat, dan Soal Latihan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) media pembelajaran, khususnya E-Learning pada Mata Pelajaran Sosiologi yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Model rancangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Dengan subjek Penelitian berjumlah 19 Siswa yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan Teknik Observasi, Wawancara dan Angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa Hasil evaluasi ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa isi/materi media berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi ahli desain media pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran berada pada kualifikasi baik. Hasil uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji tanggapan guru berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis hasil evaluasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa untuk mengembangkan program pembelajaran berbasis E-Learning menggunakan aplikasi Moodle dapat membantu proses pembelajaran pada mata pelajaran Sosiologi Kelas X Jurusan IIS MA. Muhammadiyah Panaikang Kabupaten Bantaeng.