Daftar Isi:
  • Jamil Risqullah. 2017. Pengembangan E-Learning dengan Menggunakan Moodle Pada Mata Kuliah Pengantar Kurikulum di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Arnidah, S. Pd., M. Si, dan Dr. Abdul Hakim, S. Pd., M. Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan E-Learning pada Mata Kuliah Pengantar Kurikulum di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar yang valid dan praktis ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-Learning pada Mata Kuliah Pengantar Kurikulum di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) media pembelajaran, khususnya E-Learning pada Mata Kuliah Pengantar Kurikulum yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Model pengembangan yang digunakan yaitu 4D yang diadaptasi ke 3D dari model pengembangan Thiagarajan yaitu melalui tahap define (pendefinisian), design (merancang) dan development (pengembangan). Subjek penelitian yang diteliti adalah mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan yang berjumlah tiga puluh enam orang. Sedangkan objek penelitian yang diteliti adalah pengembangan E-Learning. Kelebihan E-Learning yaitu dapat memecahkan salah satu masalah dalam proses pembelajaran, secara khusus pada sumber belajar sehingga mahasiswa lebih aktif, mandiri dan semangat dalam belajar karena tidak sepenuhnya lagi memerlukan bimbingan atau arahan dari dosen mata kuliahnya, mereka dapat belajar secara mandiri serta terjadinya pembelajaran jarak jauh tanpa harus berada di ruangan yang sama. Hasil yang dicapai dalam pengembangan E-Learning menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media pembelajaran dan ahli isi/materi media pembelajaran menunjukkan bahwa E-Learning menggunakan software moodle yang dihasilkan valid. Hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, serta tanggapan dosen mata kuliah menunjukkan bahwa E-Learning menggunakan software moodle yang dihasilkan valid dan praktis.