PENGARUH PENERAPAN MEDIA PRESENTASI PREZI TERHADAP HASILBELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAANKELAS XI SMKN 1 MUHAMMADIYAH MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG
Daftar Isi:
- ANTON SISWOMIHARJO. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI SMK 1 Marioriwawo Kab. Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Dr. Abd. Hakim, S. Pd. M, Si dan Dr. Pattaufik, S. Pd. M, Si sebagai pembimbing II. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah guru terbiasa melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan kurang memanfaatkan media sebagai sumber belajar terkhusus media presentasi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Rumusan masalah adalah apakah ada pengaruh penggunaan media presentasi prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas XI SMK 1 Marioriwawo Kab. Soppeng. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media presentasi prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas XI SMK 1 Marioriwawo Kab. Soppeng. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini eksperimen yang bersifat komparatif yaitu membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media presentasi prezi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK 1 Marioriwawo Kab. Soppeng yang berjumlah 120 orang dan sampel berjumlah 80 orang siswa yang terdiri dari 40 siswa di kelompok kontrol yang diterapkan di kelas XI TKJ 2 dan 40 orang siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas XI TKJ 1. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu media presentasi prezi dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penggumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media presentasi prezi pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di XI SMK 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng, artinya hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media presentasi prezi lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media presentsi prezi. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh penggunaan media presentasi Prezi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas XI SMK 1 Muhammadiyah Marioriwawo Kabupaten Soppeng