Daftar Isi:
  • Palimbong. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VIII Di SMP Kristen Elim Makassar. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah, H. S.Pd, M.Si dan Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1. Bagaimana gambaran penerapan media Powtoon pada Mata Pelajaran Biologi pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Elim Makassar, 2. Bagaimana gambaran hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media Powtoon pada Mata Pelajaran Biologi pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Elim Makassar, 3. Apakah ada pengaruh penggunaan Media Powtoon terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Biologi pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Elim Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Gambaran penggunaan media Powtoon terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Biologi pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Elim Makassar, 2. Gambaran tingkat hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Biologi pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Elim Makassar dengan menggunakan Media Powtoon melalui pretest dan posttest. 3. untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media presentasi PowToon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi kelas VIII SMP Kristen Elim Makassar. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu the one group pretest posttest. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Kristen Elim Makassar tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 90 siswa, terdiri atas 48 siswa berjenis kelamin perempuan dan 42 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIIA yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sempel purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Dengan demkian, Hipotesis H1 diterima = Ada pengaruh setelah penggunaan media presentasi PowToon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi kelas VIII SMP Kristen Elim Makassar.