PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WRITER PRESENTATION SPREADSHEET OFFICE (WPS OFFICE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SINJAI TENGAH
Daftar Isi:
- Andi Irin Mutiara Annisa. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Media Presentasi WPS Office Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai Tengah. Skripsi yang dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si dan Dr. Abdul Hakim, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh penggunaan media Writer Presentation Spreadsheet Office (WPS Office) terhadap hasil belajar Mata Pelajaran IPA pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sinjai Tengah? Tujuan penelitian ini untuk menguji ada tidaknya pengaruh pemanfaatan media Writer Presentation Spreadsheet Office (WPS Office) terhadap hasil belajar pembelajaran IPA pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sinjai Tengah. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai Tengah tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 102 siswa, terdiri atas 43 perempuan dan 59 laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sempel nonprobability sampling dengan teknik purposive simple yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil belajar pada kelas VIIIA dan VIIIB, kedua kelas ini memperoleh hasil belajar rata-rata yang berbeda yaitu pada kelas eksperimen 80,57 dan pada kelas kontrol 56,53, jumlah siswa, dan umur rata-rata juga hampir sama. Selanjutnya peneliti menetapkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol secara random sampling atau acak, yaitu dilakukan dengan undian. Dari hasil undian maka keluarlah kelas VIIIA yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB yang berjumlah sama yaitu 26 siswa sebagai kelas kontrol, kedua kelas ini kemudian ditetapkan menjadi sampel dalam penelitian. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 yaitu ada pengaruh setelah penggunaan media Writer Presentation Spreadsheet Office (WPS Office) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai Tengah.