Daftar Isi:
  • Zulkifli Sahari, 2017, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktive Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si. dan Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Aktive Debate terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga? Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran Aktive Debate terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini metode penelitian kuantitatif deskriptif yaitu bentuk penelitian dengan menggambarkan proses penelitian yang dilakukan sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Pre-Eksperimen yaitu penelitian yang hanya menggunakan 1 kelas sampel sebagai objek penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 91 orang yang terdiri atas 54 perempuan dan 37 laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI A yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dipilih secara acak berdasarkan pertimbangan tertentu, karena hasil belajar siswa yang merata dan perbandingan jumlah siswa yang relatif sama. Selanjutnya peneliti melakukan pretest diawal pertemuan dan diakhir pertemuan diberikan posttest. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = ada pengaruh penerapan model pembelajaran Aktive Debate terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga.