PENGARUH PENGGUNAAN PRESENTASI PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI DATA KELAS XI SMK NEGERI 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Main Author: AMRULLAH
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23882/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23882/
Daftar Isi:
  • AMRULLAH, 2016, Pengaruh Penggunan Presentasi Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data Kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. dan Dr. Citra Rosalyn Anwar, S.Sos, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sulitnya siswa memahami materi pelajaran yang disebabkan kurangnya penggunaan media di dalam proses pembelajaran, terutama media pembelajaran berbasis komputer. Oleh karena itu dilakukan penelitian penggunaan presentasi Prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi data kelas XI SMK Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh penggunaan presentasi Prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi data? Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data mengenai pengaruh penggunaan presentasi Prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi data. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini metode penelitian kuantitatif deskriptif yaitu bentuk penelitian dengan menggambarkan proses penelitian yang dilakukan sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Pre-Eksperimen yaitu penelitian yang hanya menggunakan 1 kelas sampel sebagai objek penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan TKJ yang berjumlah 70 orang yang terdiri atas 47 perempuan dan 23 laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI A yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dipilih secara acak berdasarkan pertimbangan tertentu, karena hasil belajar siswa yang merata dan perbandingan jumlah siswa yang relatif sama. Selanjutnya peneliti melakukan pretest diawal pertemuan dan diakhir pertemuan diberikan posttest. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara sebelum (pretest) menggunakan presentasi Prezi dengan sesudah (posttest) menggunakan presentasi Prezi.