Daftar Isi:
  • Muh. Nurali. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Media Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Segeri Pangkep. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah, S.Pd, M.Si. dan Dr. Abdul Hakim, S.Pd, M,Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media prezi pada mata pelajaran Geografi yang selama ini dalam pelaksanaannya kurang optimal dan kurang sesuai dengan karakteristik pembelajar saat ini. Oleh sebab itu, Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana penerapan penggunaan media Prezi pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 1 Segeri Pangkep? dan apakah ada pengaruh pemanfaatan media prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 1 Segeri Pangkep? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan penggunaan media Prezi pada mata pelajaran geografi kelas X SMA 1 Segeri Pangkep dan apakah ada pengaruh pemanfaatan media Prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 1 Segeri Pangkep. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu True eksperimen. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 1 Segeri Pangkep tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 9 kelas dan terdiri dari 244 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 50 orang, 25 orang siswa untuk kelas eksperimen dan 25 orang siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial guna mengetahui hasil penelitian yang menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal tersebut untuk menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh setelah pemanfaatan media Prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA 1 Segeri Pangkep.