Daftar Isi:
  • Muh. Khaerul Yaqin. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas VIII Di SMP Negeri 13 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Abdul Karim H. Ahmad, M.Pd dan Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dalam proses pembelajaran PKn Kelas VIII di SMP Negeri 13 Makassar, 2) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII di SMP Negeri 13 Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (variabel yang mempengaruhi) dan variabel terikat yaitu adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn (variabel yang dipengaruhi). Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only Control Group Design yang mengkaji pengaruh dari penerapan model pembelajaran VCT terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada sampel kelompok eksperimen (kelas VIIIB) dan kelompok kontrol (kelas VIIID) setelah materi diajarkan yaitu berupa tes objektif. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil dalam penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIIIB dan VIIID SMP Negeri 13 Makassar. Dalam artian bahwa pengaruh penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) efektif dan baik dibanding dengan Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Hal tersebut dipengaruhi oleh salah satu keunggulan dari Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT).