Daftar Isi:
  • Syahriana. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Software Proshow Gold Pada Mata Pelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Barru. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si. dan Prof. Dr. H. Amir, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimanakah gambaran penggunaan media pembelajaran berbasis software Proshow Gold pada mata pelajaran Biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Barru?; 2) Apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis software Proshow Gold terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Biologi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Barru?. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Barru tahun pelajaran 2015/2016 yang yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 75 siswa, terdiri atas 49 siswa berjenis kelamin perempuan dan 26 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan teknik purposive simple yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan yaitu hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi di banding kelas kontrol. Pada saat penelitian terdapat kendala yang ditemukan peneliti yaitu media tidak dilengkapi tombol menghentikan sehingga guru hanya menekan tombol pause pada saat ingin menghentikan slide untuk sementara. Penentuan estimasi waktu yang tepat untuk setiap slide ke slide selanjutnya juga harus diperhatikan agar guru tidak terlalu cepat ataupun terlalu lambat sebelum ke slide selanjutnya. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh pada hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis software Proshow Gold terlihat lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran dibandingkan siswa pada kelas kontrol. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh setelah penggunaan media berbasis software proshow gold pada mata pelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Barru.