PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS X DI SMA NEGERI 1 KELARA KABUPATEN JENEPONTO
Daftar Isi:
- Irdayanti. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X Di SMA Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H., S.Pd, M.Si. dan Dr. Abd. Hakim, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X Di SMA Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto? Tujuan penelitian ini untuk menguji ada tidaknya pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X Di SMA Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X Di SMA Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 391 siswa, terdiri atas 200 siswa berjenis kelamin perempuan dan 191 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu 35 siswa kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas X 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan video tutorial dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas X di SMA Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X Di SMA Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto. Penggunaan video tutorial dalam proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang semakin meningkat.