PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAKELAS VII SMP NEGERI 1 DUAPITUEKABUPATEN SIDRAP
Daftar Isi:
- NASRIANI. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Lectora Inspire Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 1 Duapitue Kabupaten Sidrap. Dibimbing oleh Dr. Abdul Hakim, S.Pd, M.Si dan Dr. Abd. Haling, M.Pd. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Objek penelitian ini adalalah penerapan media lectora inspire dalam pembelajaran pada mata pelajaran IPA dan pengaruh peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Duapitue Kabupaten Sidrap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan media lectora inspire dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh peningkatan hasil belajar siswa setelah belajar dengan menggunakan media lectora inspire pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMPN 1 Duapitue Kabupaten Sidrap. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen, dan desain penelitian yang digunakan adalah desain one group pretest posttest design yang membandingkan hasil pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 31 orang dengan teknik pengambilan sampel Purposive sampling yakni teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga rumusan masalah penelitian dapat dijawab dengan jawaban “Terdapat Pengaruh penggunaan media interaktif Lectora Inspire terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ipa kelas VII SMP Negeri 1 Duapitue Kabupaten Sidrap”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran lectora Inspire pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMPN 1 Duapitue Kabupaten Sidrap dapat meningkatkan hasil belajar siswa.