Daftar Isi:
  • NORDIANAH CHIKITA, 2015, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Local Area Network Kelas X SMK Negeri 4 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. Abdul Haling, M. Pd dan Dr. Abdul Hakim, S. Pd, M. Si.; Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa harus mampu memadukan antara kemampuan teoritis dan praktek dalam membuat design jaringan dasar komputer. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran Instalasi LAN kelas X SMK Negeri 4 Makassar? (2)Bagaimana gambaran hasil belajar siswa dalam pembelajaran Instalasi LAN kelas X SMK Negeri 4 Makassar? (3)Apakah ada pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Instalasi LAN kelas X SMK Negeri 4 Makassar? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif. Jenis penelitian adalah Pre-Eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMK Negeri 4 Makassar yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari 8 siswi perempuan dan 28 siswa laki-laki. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan yang signifikan antara siswa sebelum belajar dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan rata-rata menunjukkan kategori tidak tuntas kemudian setelah belajar dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan rata-rata menunjukkan kategori tuntas. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 yaitu ada pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Local Area Network kelas X SMK Negeri 4 Makassar.