Daftar Isi:
  • Fajrin Baids. 2016. Pengaruh Pemanfaatan media Aurora 3D Presentation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 13 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si. dan Dr. Abd. Hakim, S.Pd, M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh pemanfaatan media Aurora 3D Presentation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 13 Makassar? Tujuan penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh pemanfaatan media Aurora 3D Presentation terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 13 Makassar. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Makassar tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 358 siswa, terdiri atas 180 siswa berjenis kelamin perempuan dan 178 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sempel nonprobability sampling dengan teknik purposive simple yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil belajar pada kelas VIII 1 dan VIII 4, kedua kelas ini memperoleh hasil belajar rata-ratahampir sama, jumlah siswa, dan umur rata-rata juga hampir sama. Selanjutnya peneliti menetapkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol secara random sampling atau acak, yaitu dilakukan dengan undian. Dari hasil undian maka keluarlah kelas VIII 1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 yang berjumlah sama yaitu 35 siswa sebagai kelas kontrol, kedua kelas ini kemudian ditetapkan menjadi sampel dalam penelitian. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh setelah penggunaan media Aurora 3D Presentation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar.