PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA KELAS VIII SMPN 2 LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP

Main Author: NURNANINGSIH YOLE
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23810/3/SAMPUL%20DEPAN.docx
http://eprints.unm.ac.id/23810/4/SAMPUL%2CABSTRAK%2C%20KP%2C%20MOTTO.docx
http://eprints.unm.ac.id/23810/1/SKRIPSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/23810/5/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://eprints.unm.ac.id/23810/2/RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/23810/
Daftar Isi:
  • Nurnaningsih Yole. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Fisika Kelas VIII SMPN 2 Labakkang Kabupaten Pangkep. Dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si dan Farida Febriati, SS, M.Si. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh penggunaan media animasi macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Fisika kelas VIII SMPN 2 Labakkang Kabupaten Pangkep? Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh penggunaan media animasi macromedia flash terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA Fisika kelas VIII SMPN 2 Labakkang Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimen. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMPN 2 Labakkang Kabupaten Pangkep tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 27 orang yang terdiri atas 13 prempuan dan 14 laki-laki. Populasi penelitian ini dapat dijangkau, maka peneliti tidak melakukan penarikan sampel sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistic non parametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan yakni terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan media animasi macromedia flash. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh setelah penggunaan media animasi macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Fisika kelas VIII SMPN 2 Labakkang Kabupaten Pangkep.