Daftar Isi:
  • Haeroel. 2013. Melalui Penggunaan Media Animasi Macromedia Flash Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIIIb MTs Muhammadiyah Taqwa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj Nurhindah Bakkidu, M.Pd dan Arnidah S.Pd M.Si, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Fisika (1) Bagaimana penggunaan media animasi Macromedia Flash dalam proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPA Fisika kelas VIIIb MTs. Muhammadiyah Taqwa dan, (2) Apakah dengan menggunakan Media Animasi Macromedia Flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Fisika kelas VIIIb MTs Muhammadiyah Taqwa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui penggunaan media animasi Macromedia Flash dalam proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPA Fisika kelas VIIIb MTs. Muhammadiyah Taqwa dan, (2) Mengetahui dengan menggunakan Media Animasi Macromedia Flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Fisika kelas VIIIb MTs. Muhammadiyah Taqwa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan alur PTK Hopkins yang terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru IPA kelas VIII dan 31 siswa kelas VIIIb MTs Muhammadiyah Taqwa sebagai objek penelitian serta peneliti bertindak sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pada siklus I belum berhasil karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal secara klasikal, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya : guru hanya menjelaskan sebagian materi menggunakan media animasi, guru kurang memberikan bimbingan kepada siswa dan siswa yang belum sepenuhnya aktif dalam bertanya. Kemudian dilanjutkan pada siklus II telah berhasil karena guru lebih interaktif dalam memberikan bimbingan, siswa lebih memperhatikan materi pelajaran dan aktif dalam bertanya sehingga hasilnya mecapai kriteria ketuntasan minimal secara klasikal. Dengan demikian penggunaan media animasi Macromedia Flash pada mata pelajaran IPA Fisika kelas VIIIb MTs. Muhammadiyah Taqwa meningkat.