IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN DI SMK NEGERI 2 PINRANG
ctrlnum |
23733 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/23733/</relation><title>IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN DI SMK NEGERI 2 PINRANG</title><creator>Aminuddin Sukardi</creator><subject>TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)</subject><description>Aminuddin Sukardi, 2013. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Standar Proses Dan Standar Penilaian Di SMK Negeri 2 Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, M.Si dan Farida Febriati, S.S, M.Si, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yaitu penerapan KTSP yang dimulai sejak tahun 2006 untuk semua satuan pendidikan di Indonesia pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi KTSP di SMK Negeri 2 Pinrang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi KTSP di SMK Negeri 2 Pinrang. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan masukan kepada Kemendikbud dalam rangka mengadakan evaluasi menuju penyempurnaan implementasi KTSP, di samping itu juga bermanfaat bagi lembaga pendidikan, bagi akademisi, praktisi dan peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian naturalistik yang menggunakan metode analisis kualitatif/induktif. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai human instrument dan peneliti juga mempergunakan lembar validasi dokumen sebagai pendukung atau pelengkap data dan pembanding data yang telah ditemukan melalui observasi dan wawancara. Lokasi penelitiannya di SMK Negeri 2 Pinrang, Kecamatan Watansawitto, Kabupaten Pinrang. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer yang berupa kata-kata dan tindakan dan data sekunder yang berupa sejumlah dokumen portofolio tentang implementasi KTSP di sekolah dan juga foto. Sumber data pada penelitian ini adalah kepada sekolah, pegawai administrasi dan guru sebagai unsur manusianya dan dokumen-dokumen sebagai unsur non manusianya. Teknik penjaringan data yang dilakukan adalah dengan teknik purposive sampling dengan memilih 30 orang guru sebagai informan atau narasumber. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik yang meliputi observasi partisipatif yang bersifat pasif, wawancara (tak berstruktur, semistruktur dan terstruktur) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi tiga langkah yaitu pertama reduksi data, kedua penyajian data dan yang ketiga penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengujian keabsahan data yang meliputi uji kepercayaan, uji keteralihan, uji kebergantungan dan uji kepastian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi KTSP di SMK Negeri 2 Pinrang yang mengacu pada 2 aspek SNP yaitu Standar Proses dan Standar Penilaian, dapat dikatakan telah berjalan cukup baik.</description><date>2022-07-07</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23733/5/Halaman%20Judul%40Jadi.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23733/3/Halaman%20Persetujuan%20Pembimbing%40Jadi.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23733/4/Halaman%20Pengesahan%20Ujian%20Skripsi%40Jadi.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23733/1/Abstrak%40Jadi.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23733/7/BAB%20I-V%20skripsi%20udin.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23733/8/LEMBAR%20VALIDASI%20DOKUMEN%20IMPLEMENTASI%20KTSP%201.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23733/9/LEMBAR%20VALIDASI%20DOKUMEN%20IMPLEMENTASI%20KTSP%201.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23733/6/Riwayat%20Hidup%40Jadi.docx</identifier><identifier> Aminuddin Sukardi (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN DI SMK NEGERI 2 PINRANG. </identifier><recordID>23733</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Aminuddin Sukardi |
title |
IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN DI SMK NEGERI 2 PINRANG |
publishDate |
2022 |
topic |
TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/23733/5/Halaman%20Judul%40Jadi.docx http://eprints.unm.ac.id/23733/3/Halaman%20Persetujuan%20Pembimbing%40Jadi.docx http://eprints.unm.ac.id/23733/4/Halaman%20Pengesahan%20Ujian%20Skripsi%40Jadi.docx http://eprints.unm.ac.id/23733/1/Abstrak%40Jadi.docx http://eprints.unm.ac.id/23733/7/BAB%20I-V%20skripsi%20udin.doc http://eprints.unm.ac.id/23733/8/LEMBAR%20VALIDASI%20DOKUMEN%20IMPLEMENTASI%20KTSP%201.docx http://eprints.unm.ac.id/23733/9/LEMBAR%20VALIDASI%20DOKUMEN%20IMPLEMENTASI%20KTSP%201.docx http://eprints.unm.ac.id/23733/6/Riwayat%20Hidup%40Jadi.docx http://eprints.unm.ac.id/23733/ |
contents |
Aminuddin Sukardi, 2013. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Standar Proses Dan Standar Penilaian Di SMK Negeri 2 Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, M.Si dan Farida Febriati, S.S, M.Si, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yaitu penerapan KTSP yang dimulai sejak tahun 2006 untuk semua satuan pendidikan di Indonesia pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi KTSP di SMK Negeri 2 Pinrang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi KTSP di SMK Negeri 2 Pinrang. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat sebagai bahan masukan kepada Kemendikbud dalam rangka mengadakan evaluasi menuju penyempurnaan implementasi KTSP, di samping itu juga bermanfaat bagi lembaga pendidikan, bagi akademisi, praktisi dan peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian naturalistik yang menggunakan metode analisis kualitatif/induktif. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai human instrument dan peneliti juga mempergunakan lembar validasi dokumen sebagai pendukung atau pelengkap data dan pembanding data yang telah ditemukan melalui observasi dan wawancara. Lokasi penelitiannya di SMK Negeri 2 Pinrang, Kecamatan Watansawitto, Kabupaten Pinrang. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer yang berupa kata-kata dan tindakan dan data sekunder yang berupa sejumlah dokumen portofolio tentang implementasi KTSP di sekolah dan juga foto. Sumber data pada penelitian ini adalah kepada sekolah, pegawai administrasi dan guru sebagai unsur manusianya dan dokumen-dokumen sebagai unsur non manusianya. Teknik penjaringan data yang dilakukan adalah dengan teknik purposive sampling dengan memilih 30 orang guru sebagai informan atau narasumber. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik yang meliputi observasi partisipatif yang bersifat pasif, wawancara (tak berstruktur, semistruktur dan terstruktur) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi tiga langkah yaitu pertama reduksi data, kedua penyajian data dan yang ketiga penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengujian keabsahan data yang meliputi uji kepercayaan, uji keteralihan, uji kebergantungan dan uji kepastian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi KTSP di SMK Negeri 2 Pinrang yang mengacu pada 2 aspek SNP yaitu Standar Proses dan Standar Penilaian, dapat dikatakan telah berjalan cukup baik. |
id |
IOS3399.23733 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:17:39Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:17:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483860902445056 |
score |
17.538404 |