PEMANFAATAN SOFTWARE PEMBELAJARAN JELAJAH ANTARIKSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

Main Author: PRIMAWAN
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23730/1/sampul.docx
http://eprints.unm.ac.id/23730/2/Skripsi%20%28primawan%29.docx
http://eprints.unm.ac.id/23730/3/RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/23730/4/Lampiran%201.docx
http://eprints.unm.ac.id/23730/5/Lampiran%202.docx
http://eprints.unm.ac.id/23730/
ctrlnum 23730
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/23730/</relation><title>PEMANFAATAN SOFTWARE PEMBELAJARAN JELAJAH ANTARIKSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN &#xD; FISIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DUAMPANUA &#xD; KABUPATEN PINRANG</title><creator>PRIMAWAN</creator><subject>TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)</subject><description>Primawan. 2013. Pemanfaatan Software pembelajaran Jelajah Antariksa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VIII SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang. Penulisan skripsi ini dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.&#xD; &#xD; Masalah pada penelitian ini adalah &#x201C;Bagaimanakah pemanfaatan software pembelajaran jelajah antariksa dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang&#x201D;. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan software pembelajaran jelajah antariksa untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan alur PTK yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang yang berjumlah 40 orang dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I belum berhasil karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) klasikal yang telah ditetapkan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah guru masih kurang memberikan motivasi kepada siswa dan siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran ditandai dengan masih banyak siswa yang mengerjakan soal LKS dengan tidak mandiri . Kemudian dilanjutkan pada siklus II telah berhasil karena sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) klasikal. Dengan demikian melalui pemanfaatan software pembelajaran jelajah antariksa pada mata pelajaran fisika maka hasil belajar siswa di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang meningkat.</description><date>2022-07-07</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23730/1/sampul.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23730/2/Skripsi%20%28primawan%29.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23730/3/RIWAYAT%20HIDUP.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23730/4/Lampiran%201.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23730/5/Lampiran%202.docx</identifier><identifier> PRIMAWAN (2022) PEMANFAATAN SOFTWARE PEMBELAJARAN JELAJAH ANTARIKSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG. </identifier><recordID>23730</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PRIMAWAN
title PEMANFAATAN SOFTWARE PEMBELAJARAN JELAJAH ANTARIKSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG
publishDate 2022
topic TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/23730/1/sampul.docx
http://eprints.unm.ac.id/23730/2/Skripsi%20%28primawan%29.docx
http://eprints.unm.ac.id/23730/3/RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/23730/4/Lampiran%201.docx
http://eprints.unm.ac.id/23730/5/Lampiran%202.docx
http://eprints.unm.ac.id/23730/
contents Primawan. 2013. Pemanfaatan Software pembelajaran Jelajah Antariksa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas VIII SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang. Penulisan skripsi ini dibimbing oleh Dra. Hj. Sumartini, M.Pd dan Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah pemanfaatan software pembelajaran jelajah antariksa dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang”. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan software pembelajaran jelajah antariksa untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan alur PTK yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang yang berjumlah 40 orang dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I belum berhasil karena belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) klasikal yang telah ditetapkan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah guru masih kurang memberikan motivasi kepada siswa dan siswa masih kurang aktif dalam proses pembelajaran ditandai dengan masih banyak siswa yang mengerjakan soal LKS dengan tidak mandiri . Kemudian dilanjutkan pada siklus II telah berhasil karena sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) klasikal. Dengan demikian melalui pemanfaatan software pembelajaran jelajah antariksa pada mata pelajaran fisika maka hasil belajar siswa di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Duampanua Kabupaten Pinrang meningkat.
id IOS3399.23730
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:17:39Z
last_indexed 2023-03-04T19:17:39Z
recordtype dc
_version_ 1764483860889862144
score 17.538404