ctrlnum 23729
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/23729/</relation><title>PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MAKASSAR</title><creator>Abd.Chalid Idris.</creator><subject>TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)</subject><description>Abd.Chalid Idris. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Media Blog Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Arnidah. S,Pd M.Si dan Farida Febriati, S.S, M.Si. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.&#xD; &#xD; Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pemanfaatan media blog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA.1 SMA Negeri 3 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemanfaatan media blog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Makassar yang berjumlah 181 orang dan sampel berjumlah 60 orang siswa yang terdiri dari 30 siswa dikelompok kontrol yang diterapkan pada kelas XI IPA2 dan 30 siswa dikelompok eksperimen yang diterapkan pada kelompok XI IPA1. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media blog, dengan yang tidak menggunakan media blog ditunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibanding dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari hasil t-test yaitu yang menunjukkan data hasil t hitung &#x2C3; t tabel pada taraf signifikan 5 %. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media blog dalam mata pelajaran biologi dengan Kelas yang tanpa menggunakan media blog dalam mata pelajaran biologi yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa.</description><date>2022-07-07</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23729/5/sampul%20depan.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23729/4/daftar%20isi%20222.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23729/3/ABSTRAK%20CHALID.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23729/1/BAB%20I.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23729/2/BAB%20II.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23729/6/DAFTAR%20PUSTAKA%20skripsi.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23729/8/dokumentasi.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23729/9/DOKUMNETASI%20MEDIA.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23729/7/RIWAYAT%20HIDUP.docx</identifier><identifier> Abd.Chalid Idris. (2022) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MAKASSAR. </identifier><recordID>23729</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Abd.Chalid Idris.
title PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 MAKASSAR
publishDate 2022
topic TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/23729/5/sampul%20depan.docx
http://eprints.unm.ac.id/23729/4/daftar%20isi%20222.docx
http://eprints.unm.ac.id/23729/3/ABSTRAK%20CHALID.docx
http://eprints.unm.ac.id/23729/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unm.ac.id/23729/2/BAB%20II.docx
http://eprints.unm.ac.id/23729/6/DAFTAR%20PUSTAKA%20skripsi.docx
http://eprints.unm.ac.id/23729/8/dokumentasi.docx
http://eprints.unm.ac.id/23729/9/DOKUMNETASI%20MEDIA.docx
http://eprints.unm.ac.id/23729/7/RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/23729/
contents Abd.Chalid Idris. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Media Blog Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Arnidah. S,Pd M.Si dan Farida Febriati, S.S, M.Si. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pemanfaatan media blog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA.1 SMA Negeri 3 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemanfaatan media blog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA1 SMA Negeri 3 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Makassar yang berjumlah 181 orang dan sampel berjumlah 60 orang siswa yang terdiri dari 30 siswa dikelompok kontrol yang diterapkan pada kelas XI IPA2 dan 30 siswa dikelompok eksperimen yang diterapkan pada kelompok XI IPA1. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media blog, dengan yang tidak menggunakan media blog ditunjukkan hasil belajar yang lebih baik dibanding dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari hasil t-test yaitu yang menunjukkan data hasil t hitung ˃ t tabel pada taraf signifikan 5 %. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media blog dalam mata pelajaran biologi dengan Kelas yang tanpa menggunakan media blog dalam mata pelajaran biologi yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa.
id IOS3399.23729
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:17:39Z
last_indexed 2023-03-04T19:17:39Z
recordtype dc
_version_ 1764483860885667840
score 17.538404