ctrlnum 23727
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/23727/</relation><title>PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA TRENDY FLASHTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP MULIA BHAKTI MAKASSAR</title><creator>Hens Trymario</creator><subject>TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)</subject><description>Hens Trymario. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Media trendy flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar. Dibimbing oleh Drs.M. T. Parumbuan, M.Si dan Dra. Hj. Sumartini, M.Pd Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. &#xD; &#xD; Masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran kelas masih terfokus pada guru tanpa adanya media berbasis komputer dalam menyampaikan materi pelajaran dan adanya sarana LCD yang tidak dimanfaatkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan Media trendy flash. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) bagaimanakah pemanfaatan media trendy flash pada proses pembelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar 2) Adakah pengaruh pemanfatan media trendy flash terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar. Berdasarkan hal itu peneliti bertujuan: 1) Untuk memperoleh pemanfaatan media trendy flash pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar , 2) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media trendy flash terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis dan desain penelitian pra-eksperimen one group pretest-posttest desing. Dimaksudkan untuk mengetahui suatu kejadian atau peristiwa yang sedang berlangsung yaitu pengaruh pemanfaatan media trendy flash terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar. Jenis penelitian Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII SMP mulia Bhakti Makassar dengan jumlah siswa 24 orang. Data yang diperoleh melalui tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, test, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesudah pemanfaatan media trendy flash hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan hasil belajar siswa yang masih terfokus pada guru tanpa adanya media pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil posttest siswa meningkat dibandingkan dengan hasil pretest siswa ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan media trendy flash terhadap hasil belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar.</description><date>2022-07-06</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23727/5/sampul%20depan.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23727/4/DAFTAR%20ISI%20HENS.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23727/3/ABSTRAK%20HENS.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23727/2/SKRIPSI%20PEMANFAATAN%20MEDIA%20TRENDY%20FLASH..%20HENS%20TRYMARIO%20S.Pd%2009.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23727/7/RIWAYAT%20HIDUP.docx</identifier><identifier> Hens Trymario (2022) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA TRENDY FLASHTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP MULIA BHAKTI MAKASSAR. </identifier><recordID>23727</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hens Trymario
title PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA TRENDY FLASHTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP MULIA BHAKTI MAKASSAR
publishDate 2022
topic TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/23727/5/sampul%20depan.docx
http://eprints.unm.ac.id/23727/4/DAFTAR%20ISI%20HENS.docx
http://eprints.unm.ac.id/23727/3/ABSTRAK%20HENS.docx
http://eprints.unm.ac.id/23727/2/SKRIPSI%20PEMANFAATAN%20MEDIA%20TRENDY%20FLASH..%20HENS%20TRYMARIO%20S.Pd%2009.docx
http://eprints.unm.ac.id/23727/7/RIWAYAT%20HIDUP.docx
http://eprints.unm.ac.id/23727/
contents Hens Trymario. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Media trendy flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar. Dibimbing oleh Drs.M. T. Parumbuan, M.Si dan Dra. Hj. Sumartini, M.Pd Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran kelas masih terfokus pada guru tanpa adanya media berbasis komputer dalam menyampaikan materi pelajaran dan adanya sarana LCD yang tidak dimanfaatkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan Media trendy flash. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) bagaimanakah pemanfaatan media trendy flash pada proses pembelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar 2) Adakah pengaruh pemanfatan media trendy flash terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar. Berdasarkan hal itu peneliti bertujuan: 1) Untuk memperoleh pemanfaatan media trendy flash pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar , 2) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media trendy flash terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis dan desain penelitian pra-eksperimen one group pretest-posttest desing. Dimaksudkan untuk mengetahui suatu kejadian atau peristiwa yang sedang berlangsung yaitu pengaruh pemanfaatan media trendy flash terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar. Jenis penelitian Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII SMP mulia Bhakti Makassar dengan jumlah siswa 24 orang. Data yang diperoleh melalui tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, test, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesudah pemanfaatan media trendy flash hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan hasil belajar siswa yang masih terfokus pada guru tanpa adanya media pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil posttest siswa meningkat dibandingkan dengan hasil pretest siswa ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan media trendy flash terhadap hasil belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Mulia Bhakti Makassar.
id IOS3399.23727
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:17:39Z
last_indexed 2023-03-04T19:17:39Z
recordtype dc
_version_ 1764483860881473536
score 17.538404