PENGARUH PELATIHAN BERPIKIR POSITIF PADA EFIKASI DIRI AKADEMIK MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNM

Main Author: Rosdiaman, Rosdiaman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/2370/1/Rosdiaman.docx
http://eprints.unm.ac.id/2370/
Daftar Isi:
  • PENGARUH PELATIHAN BERPIKIR POSITIF PADA EFIKASI DIRI AKADEMIK MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNM Rosdiaman (rosdiamanpannusu@gmail.com) Syamsul Bachri Thalib Ahmad Razak Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar Jl. A. P. Pettarani, Makassar, 90222 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan berpikir positif pada efikasi diri akademik mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi UNM..Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian pre test post test one group design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala efikasi diri akademik. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi UNM sebanyak 15 orang yang dimasukkan menjadi kelompok eksperimen. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berpikir positif berpengaruh positif terhadap peningkatan efikasi diri akademik mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi UNM, dengan signifikansi p = 0,001 <0,05.Penelitian ini dapat diaplikasikan untuk meningkatkan efikasi diri akademik dengan pelatihan berpikir positif dan dapat dijadikan bahan rujukan untuk penelitian lebih lanjut tentang pelatihan berpikir positif maupun efikasi diri akademik. Kata kunci: Pelatihan Berpikir Positif, Efikasi Diri Akademik.