PENERAPAN MANAJEMEN KELAS DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA BELAJAR SISWA DI SMP COKROAMINOTO TAMALANREA MAKASSAR
Main Author: | NUR FADHILLAH |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/23667/1/SKRIPSI%20NUR%20FADHILLAH_1743041028.pdf http://eprints.unm.ac.id/23667/2/PENERAPAN%20MANAJEMEN%20KELAS%20DALAM%20MENGATASI%20PROBLEMATIKA%20BELAJAR%20SISWA.pdf http://eprints.unm.ac.id/23667/ |
Daftar Isi:
- Nur Fadhillah, 2021. Penerapan manajemen kelas dalam mengatasi problematika belajar siswa di SMP Cokroaminoto Tamalanrea Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Sitti Habibah, M.Si dan Irmawati, S.Pd, M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan manajemen kelas dalam mengatasi problematika belajar siswa di SMP Cokroaminoto Tamalanrea Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian manajemen kelas dalam mengatasi problematika belajar siswa di SMP Cokroaminoto Tamalanrea Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, Kepala sekolah, Wakasek kurikulum, serta Guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan manajemen kelas telah terlaksana, dengan asumsi bahwa RPP disesuaikan dengan kondisi darurat covid-19, penggunaan aplikasi pembelajaran via whattsApp, google classroom, serta google meet, penggunaan perangkat pendukung belajar daring dan luring serta pemanfaatan sumber belajar lainnya. Tahap pengorganisasian manajemen kelas telah terlaksana, dengan asumsi bahwa guru melaksanakan pembelajaran daring melalui WAG menggunakan metode diskusi dan pemutaran video kemudian siswa diberikan kesempatan dalam menjawab dan menanggapi materi tersebut. Tahap pengendalian manajemen kelas masih kurang maksimal, dengan asumsi bahwa guru mengalami kesulitan dalan mengendalikan kelas disebabkan karena metode pembelajaran daring sehingga siswa kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran serta kendala lain terkait fasilitas pembelajaran yang dimiliki oleh siswa di rumah. Kata Kunci : Manajemen kelas, Problematika belajar