Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 9 Makassar
Main Author: | Andi Ratu AyuAshari Anwar |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/23655/1/SKRIPSI_Andi%20Ratu%20AyuAshari%20Anwar_1743042001.pdf http://eprints.unm.ac.id/23655/2/JURNAL_Andi%20Ratu%20AyuAshari%20Anwar_1743042001.pdf http://eprints.unm.ac.id/23655/ |
ctrlnum |
23655 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/23655/</relation><title>Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 9 Makassar</title><creator>Andi Ratu AyuAshari Anwar</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)</subject><subject>ILMU PENDIDIKAN</subject><description>Penelitian ini mengkaji tentang strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 9 Makassar. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala sekolah dan faktor penghambat dan pendukung strategi kepala sekolah dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 9 Makassar. Pendekatan penelitian ini kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif
format deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan sumber daya manusia, wakil kepala sekolah
kesiswaan dan guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berdasarkan fokus
penelitian ada dua hal yaitu: pertama terkait strategi kepala sekolah SMA Negeri 9 Makassar dalam meningkatkan kompetensi pedagogik
guru menerapkan beberapa strategi yaitu: (1) strategi fasilitatif diantaranya mengadakan kegiatan rapat dimana rapat ini dilakukan di awal
semester membahas hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran dan di akhir semester membahas terkait segala hal dalam proses
pembelajaran, mengikutsertakan dalam kegiatan MGMP, menyediakan fasilitas penunjang dan menyediakan kegiatan pengembangan diri
mata pelajaran. (2) strategi pendidikan diantaranya mengadakan kegiatan workshop, mengadakan kegiatan pelatihan, melakukan program
supervisi yang dikelompokkan menjadi 2 yaitu supervisi administrasi berkaitan dengan perencanaan pembelajaran supervisi kelas berkaitan
dengan proses pembelajaran, melakukan program evaluasi, pendampingan oleh guru-guru senior dan berperan sebagai inovator. Kemudian
hasil penelitian fokus kedua terkait faktor-faktor pendukung diantaranya faktor peserta didik diantaranya rasa keingintahuan peserta didik
dalam belajar dan semangat antusias peserta didik, adanya dukungan kepala sekolah, adanya motivasi guru, dan beragamnya media
pembelajaran. Kemudian faktor-faktor penghambat diantaranya faktor sarana dan prasarana, faktor pembiayaan pendidikan dan berkaitan
dengan pemanfaatan media pembelajaran.
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru</description><date>2022-07-04</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23655/1/SKRIPSI_Andi%20Ratu%20AyuAshari%20Anwar_1743042001.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23655/2/JURNAL_Andi%20Ratu%20AyuAshari%20Anwar_1743042001.pdf</identifier><identifier> Andi Ratu AyuAshari Anwar (2022) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 9 Makassar. </identifier><recordID>23655</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Andi Ratu AyuAshari Anwar |
title |
Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 9 Makassar |
publishDate |
2022 |
isbn |
9781743042007 |
topic |
ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
url |
http://eprints.unm.ac.id/23655/1/SKRIPSI_Andi%20Ratu%20AyuAshari%20Anwar_1743042001.pdf http://eprints.unm.ac.id/23655/2/JURNAL_Andi%20Ratu%20AyuAshari%20Anwar_1743042001.pdf http://eprints.unm.ac.id/23655/ |
contents |
Penelitian ini mengkaji tentang strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 9 Makassar. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala sekolah dan faktor penghambat dan pendukung strategi kepala sekolah dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 9 Makassar. Pendekatan penelitian ini kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif
format deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan sumber daya manusia, wakil kepala sekolah
kesiswaan dan guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berdasarkan fokus
penelitian ada dua hal yaitu: pertama terkait strategi kepala sekolah SMA Negeri 9 Makassar dalam meningkatkan kompetensi pedagogik
guru menerapkan beberapa strategi yaitu: (1) strategi fasilitatif diantaranya mengadakan kegiatan rapat dimana rapat ini dilakukan di awal
semester membahas hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran dan di akhir semester membahas terkait segala hal dalam proses
pembelajaran, mengikutsertakan dalam kegiatan MGMP, menyediakan fasilitas penunjang dan menyediakan kegiatan pengembangan diri
mata pelajaran. (2) strategi pendidikan diantaranya mengadakan kegiatan workshop, mengadakan kegiatan pelatihan, melakukan program
supervisi yang dikelompokkan menjadi 2 yaitu supervisi administrasi berkaitan dengan perencanaan pembelajaran supervisi kelas berkaitan
dengan proses pembelajaran, melakukan program evaluasi, pendampingan oleh guru-guru senior dan berperan sebagai inovator. Kemudian
hasil penelitian fokus kedua terkait faktor-faktor pendukung diantaranya faktor peserta didik diantaranya rasa keingintahuan peserta didik
dalam belajar dan semangat antusias peserta didik, adanya dukungan kepala sekolah, adanya motivasi guru, dan beragamnya media
pembelajaran. Kemudian faktor-faktor penghambat diantaranya faktor sarana dan prasarana, faktor pembiayaan pendidikan dan berkaitan
dengan pemanfaatan media pembelajaran.
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru |
id |
IOS3399.23655 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:17:37Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:17:37Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483860425342976 |
score |
17.538404 |