Startegi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 6 Soppeng
Main Author: | Vicky De Yazha Riska |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/23654/1/SKRIPSI_Vicky%20De%20Yazha%20Riska_1743042005.pdf http://eprints.unm.ac.id/23654/2/JURNAL_Vicky%20De%20Yazha%20Riska_1743042005.pdf http://eprints.unm.ac.id/23654/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji tentang strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 6 Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran strategi kepala sekolah, faktor pendukung dan penghambat strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 6 Soppeng . Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Soppeng. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru perwakilan rumpun keilmuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 6 Soppeng meliputi : (1) Perencanaan pembelajaran, strategi yang digunakan diantaranya melakukan pembinaan kinerja guru, melalui kegiatan MGMP, mengikutsertakan dalam diklat. (2) Pelaksanaan pembelajaran, strategi yang digunakan diantaranya pengawasan/supervisi pengelolaan kelas, memfasilitasi sarana media pembelajaran, memberi keleluasaan guru dalam penggunaan metode pembelajaran, pemberian motivasi, pemberian penghargaan. (3) Evaluasi pembelajaran, strategi yang digunakan diantaranya menyediakan fasilitas dan mengontrol pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Adapun faktor pendukung diantaranya, dengan tersedianya berbagai perangkat pembuatan RPP khususnya pedoman menyusun RPP, begitu pun dengan fasilitas perangkat evaluasi pembelajaran khususnya format penilaian, antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, serta fasilitas media pembelajaran yang disediakan di SMAN 6 Soppeng cukup memadai. Sedangkan faktor penghambat diantaranya sulit menyesuaikan antara apa yang ada dalam RPP dengan kondisi nyata, beberapa siswa tidak mengikuti BDR karena terkendala jaringan, dan kemampuan IT yang dimiliki beberapa guru belum memadai. Kata Kunci: Startegi, Kepala Sekolah, Kinerja Guru