PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU DI SMP NEGERI 10 MAKASSAR

Main Author: Husnul Fathiyah Syakir
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23644/1/1643041015%20Husnul%20Fathiyah%20Syakir_Skripsi.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23644/2/1643041015%20Husnul%20Fathiyah%20Syakir%20PENGEMBANGAN%20KEPROFESIAN%20G.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23644/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru di SMP Negeri 10 Makassar berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengembangan keprofesian berkelanjutan guru di SMP Negeri 10 Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan format deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Koordinator PKB sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dilakukan yaitu: 1) kegiatan kolektif guru yang meningkatkan kompetensi dan keprofesiaan dilakukan dalam bentuk diskusi antar guru dan MGMP disekolah; 2) pendidikan dan pelatihan yang dilakukan melalui penyusunan RPP, penggunaan media pembelajaran dan pembelajaran jarak jauh; 3) karya Inovatif dalam bentuk menciptakan bahan ajar dan juga buku. Sedangkan Publikasi buku pengayaan, publikasi buku pedoman guru dan penghargaan atas prestasi atau dedikasi sebagai guru yang diberikan oleh pemerintah atau pemerintah daerah belum dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di SMPN 10 Makassar. Kata kunci: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru