PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN LUWU
Main Author: | RASDIANA |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/23636/1/1743041023_SKRIPSI%20RASDIANA.pdf http://eprints.unm.ac.id/23636/2/1743041023_JURNAL%20ILMIAH%20RASDIANA.pdf http://eprints.unm.ac.id/23636/ |
ctrlnum |
23636 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/23636/</relation><title>PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH
TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN LUWU</title><creator>RASDIANA</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)</subject><description>Rasdiana, 2021. Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Terhadap
Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Dr. Ansar, M.Si dan Andi Wahed,
S.Pd, M.Pd).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Partisipatif
Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu. Masalah
dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran penerapan kepemimpinan
partisipatif kepala sekolah SMA Negeri di Kabupaten Luwu, (2) Bagaimana
gambaran kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu, (3) Bagaimana pengaruh
pelaksanaan kepemimpinan partisipatif Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SMA
Negeri di Kabupaten Luwu. Jenis penelitian ini menggunakan metode survei dengan
jumlah sampel 99 guru ditetapkan dengan teknik random sampling. Instrumen yang
digunakan berupa kuesioner dengan responden guru. Pengembangan instrumen
melalui validator ahli oleh dosen pembimbing dan dosen yang dipercayakan. Analisis
menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian
menggunakan analisis deskriptif menunjukkan hasil berikut: (1) Gaya kepemimpinan
partisipatif kepala Sekolah SMA Negeri di Kabupaten luwu dalam kategori sangat
tinggi yaitu sebesar 75,8%, (2) Kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu dalam
kategori sangat tinggi yaitu sebesar 72,7%, dan hasil penelitian menggunakan analisis
inferensial menunjukkan, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya
kepemimpinan partisipatif dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi (R) 0,570
dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,325. Ini berarti 32,5% variansi yang terjadi
pada kinerja guru dapat dijelaskan oleh gaya kepemimpinan partisipatif, sedangkan
67,5% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.</description><date>2022-07-04</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23636/1/1743041023_SKRIPSI%20RASDIANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23636/2/1743041023_JURNAL%20ILMIAH%20RASDIANA.pdf</identifier><identifier> RASDIANA (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN LUWU. </identifier><recordID>23636</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RASDIANA |
title |
PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH
TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN LUWU |
publishDate |
2022 |
isbn |
9781743041024 |
topic |
ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) |
url |
http://eprints.unm.ac.id/23636/1/1743041023_SKRIPSI%20RASDIANA.pdf http://eprints.unm.ac.id/23636/2/1743041023_JURNAL%20ILMIAH%20RASDIANA.pdf http://eprints.unm.ac.id/23636/ |
contents |
Rasdiana, 2021. Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Terhadap
Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Dr. Ansar, M.Si dan Andi Wahed,
S.Pd, M.Pd).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Partisipatif
Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu. Masalah
dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran penerapan kepemimpinan
partisipatif kepala sekolah SMA Negeri di Kabupaten Luwu, (2) Bagaimana
gambaran kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu, (3) Bagaimana pengaruh
pelaksanaan kepemimpinan partisipatif Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SMA
Negeri di Kabupaten Luwu. Jenis penelitian ini menggunakan metode survei dengan
jumlah sampel 99 guru ditetapkan dengan teknik random sampling. Instrumen yang
digunakan berupa kuesioner dengan responden guru. Pengembangan instrumen
melalui validator ahli oleh dosen pembimbing dan dosen yang dipercayakan. Analisis
menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian
menggunakan analisis deskriptif menunjukkan hasil berikut: (1) Gaya kepemimpinan
partisipatif kepala Sekolah SMA Negeri di Kabupaten luwu dalam kategori sangat
tinggi yaitu sebesar 75,8%, (2) Kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu dalam
kategori sangat tinggi yaitu sebesar 72,7%, dan hasil penelitian menggunakan analisis
inferensial menunjukkan, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya
kepemimpinan partisipatif dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi (R) 0,570
dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,325. Ini berarti 32,5% variansi yang terjadi
pada kinerja guru dapat dijelaskan oleh gaya kepemimpinan partisipatif, sedangkan
67,5% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. |
id |
IOS3399.23636 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:17:37Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:17:37Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483860372914176 |
score |
17.538404 |