PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN LUWU

Main Author: RASDIANA
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/23636/1/1743041023_SKRIPSI%20RASDIANA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23636/2/1743041023_JURNAL%20ILMIAH%20RASDIANA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23636/
ctrlnum 23636
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/23636/</relation><title>PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH&#xD; TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN LUWU</title><creator>RASDIANA</creator><subject>ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)</subject><description>Rasdiana, 2021. Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Terhadap&#xD; Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan&#xD; Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Dr. Ansar, M.Si dan Andi Wahed,&#xD; S.Pd, M.Pd).&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Partisipatif&#xD; Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu. Masalah&#xD; dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran penerapan kepemimpinan&#xD; partisipatif kepala sekolah SMA Negeri di Kabupaten Luwu, (2) Bagaimana&#xD; gambaran kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu, (3) Bagaimana pengaruh&#xD; pelaksanaan kepemimpinan partisipatif Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SMA&#xD; Negeri di Kabupaten Luwu. Jenis penelitian ini menggunakan metode survei dengan&#xD; jumlah sampel 99 guru ditetapkan dengan teknik random sampling. Instrumen yang&#xD; digunakan berupa kuesioner dengan responden guru. Pengembangan instrumen&#xD; melalui validator ahli oleh dosen pembimbing dan dosen yang dipercayakan. Analisis&#xD; menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian&#xD; menggunakan analisis deskriptif menunjukkan hasil berikut: (1) Gaya kepemimpinan&#xD; partisipatif kepala Sekolah SMA Negeri di Kabupaten luwu dalam kategori sangat&#xD; tinggi yaitu sebesar 75,8%, (2) Kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu dalam&#xD; kategori sangat tinggi yaitu sebesar 72,7%, dan hasil penelitian menggunakan analisis&#xD; inferensial menunjukkan, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya&#xD; kepemimpinan partisipatif dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi (R) 0,570&#xD; dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,325. Ini berarti 32,5% variansi yang terjadi&#xD; pada kinerja guru dapat dijelaskan oleh gaya kepemimpinan partisipatif, sedangkan&#xD; 67,5% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.</description><date>2022-07-04</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23636/1/1743041023_SKRIPSI%20RASDIANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/23636/2/1743041023_JURNAL%20ILMIAH%20RASDIANA.pdf</identifier><identifier> RASDIANA (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN LUWU. </identifier><recordID>23636</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RASDIANA
title PENGARUH KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN LUWU
publishDate 2022
isbn 9781743041024
topic ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
url http://eprints.unm.ac.id/23636/1/1743041023_SKRIPSI%20RASDIANA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23636/2/1743041023_JURNAL%20ILMIAH%20RASDIANA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/23636/
contents Rasdiana, 2021. Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Dr. Ansar, M.Si dan Andi Wahed, S.Pd, M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran penerapan kepemimpinan partisipatif kepala sekolah SMA Negeri di Kabupaten Luwu, (2) Bagaimana gambaran kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu, (3) Bagaimana pengaruh pelaksanaan kepemimpinan partisipatif Kepala Sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu. Jenis penelitian ini menggunakan metode survei dengan jumlah sampel 99 guru ditetapkan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan responden guru. Pengembangan instrumen melalui validator ahli oleh dosen pembimbing dan dosen yang dipercayakan. Analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis Inferensial. Hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif menunjukkan hasil berikut: (1) Gaya kepemimpinan partisipatif kepala Sekolah SMA Negeri di Kabupaten luwu dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 75,8%, (2) Kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu dalam kategori sangat tinggi yaitu sebesar 72,7%, dan hasil penelitian menggunakan analisis inferensial menunjukkan, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan partisipatif dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi (R) 0,570 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,325. Ini berarti 32,5% variansi yang terjadi pada kinerja guru dapat dijelaskan oleh gaya kepemimpinan partisipatif, sedangkan 67,5% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
id IOS3399.23636
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:17:37Z
last_indexed 2023-03-04T19:17:37Z
recordtype dc
_version_ 1764483860372914176
score 17.538404